MEDAN-Hari pertama Ujian Nasional (UN) siswa Sekolah Dasar (SD) di Kota Medan berjalan lancar. Seperti yang tampak di salah satu SD Negeri dan SD Swasta di Johor. Begitu juga yang terlihat di SD Eria yang berada di Jalan SM Raja Kecamatan Medan Kota, saat dipantau oleh Hasan Basri, Kadis Pendidikan Kota Medan.

Dari pantauan di berapa sekolah tersebut, menurut Hasan, sekolah-sekolah tersebut sudah melaksanakan ujian sesuai petunjuk tenis (Juknis) dengan tertib. Misalnya saja di SD Eria, semua siswa kelas VI ada 76 siswa yang mengikuti UN. 

"76 siswa itu terdiri dari 44 siswa perempuan dan 33 siswa laki-laki2. Dihari pertama ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hari pertama ini hadir sejuta siswa kami, absensi masih kosong, " terang Rukzaidan, selaku Kepala Sekolah SD Eria.

Dari hasil pantauan, untuk kesimpulan sementara, sebanyak 80 % siswa ditargetkan akan lulus. Kelulusan ini berdasarkan akumulasi nilai ujian semester, praktek dan ujian sekolah. Keputusan lulus sepenuhnya dipegang pihak sekolah melalu rapat dewan guru. Meskipun demikian diharapkan nilai pesta peserta didik mencapai maksimal 6,0.

"Angka ini memang bukan menjadi standarisasi penentu kelulusan. Tapi kita harapkan tercapai, sebab sebagai pengukur kualitas input dari proses belajar. Angka ini menjadi standarisasi mengajar dan prestasi akedemik," ujar Hasan Basri pada wartawan.

Masih kata Hasan, input yang dimaksud adalah meliputi kualitas kurikulum dan pengajar itu sendiri. Sejauh mana tenaga kerja pengajar mengikuti dan mengaplikasi pembekalan pada pendidikan dan pelatihan yang pernah digelar. Tak hanya pada guru, tapi juga kepada Kepala Sekolah. Kepsek juga turut menetukan 80% kualitas sekolah. Kemudian sebaik apa dalam melihat kompetensi lulusan. Jika hal ini dijalankan efektif, maka bisa menghasilkan keluaran yang maksimal pula.

"Saya rasa target ini bisa tercapai. Ujian sekolah kan pada dasarnya semua materi sudah pernah diajarkan. Apa yang diajarkan, maka itu lah yang diuji. Jadi seharusnya tidak ada masalah dalam UN ini jika mereka belajar," terang Hasan lagi.

Sementara itu KUPT Medan Kota, Imeldawati Hasibuan yang didampingi tim pengawas sekolah, Sarmauli br Tambunan mengatakan, keseluruhan siswa yang mengikuti ujian di SD di se Kecamatan Medan Kota ini ada 1600 siswa yang terdiri dari 18 SD Negri, SD Swasta ada 19 dan MIS 1.