LANGKAT-Ratusan guru setingkat SMA se-Kabupaten Langkat, geruduk kantor Dinas Pendidikan dan Pengajaran di Jalan Kartini, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat.

Mereka menagih janji dari pihak Dinas untuk mencairkan dana sertifikasi dan Tunjangan Non Penghasilan (Tansil).

Menurut salah seorang guru Dra Raiyani, dana sertifikasi sudah tidak cair dari bulan Juni sampai Desember 2016 lalu. Mereka sendiri tidak mengetahui secara pasti kenapa dana yang per triwulan diberikan tak kunjung cair. Berulang kali mempertanyakan masalah ini sampai mereka menghadap Kapilres.

Namun tidak ada juga realisasi dari pihak terkait. “Kita sudah berulang kali mempertanyakan masalah ini. Bahkan kita sudah melayangkan surat untuk mengelar aksi tepat tanggal 24 April 2017,namun pihak kepolisian meminta kita agar tidak menggelar aksi demo,” terang guru SMA Negeri I Tanjung Pura ini.

Sejak kita layangkan surat, menurutnya, pihak kepolisian sudah memanggil pihak Dinas P dan P melalui Kabib SD Jumiran. Dimana dalam kesepakatan pihak Dinas berjanji menyelesaikan masalah paling lama tanggal 5 Mei 2017.

“Sayang, sampai saat bulan ini belum juga ada hasil. Padahal Sekertaris P dan P Ajuan, untuk menyelesaikan tanggal 21 Maret. Namun tidak juga, makanya kami mendatangi dinas untuk menindak lanjuti masalah ini,” tutur wanita yang juga sekertaris PGRI Kecamatan Tanjung Pura ini.

Dimana tambah, beberapa guru disana, tunjangan mencapai lebih kurang 1,6 Miliyar. Dengan kriteria golongan II A sekitar 2,3 juta perorang yang diperkirakan berjumlah 340 guru. Sementara untuk golongan III A mendapatkan perorang mencapai 3 jt lebih.

“Tunjangan tergantung golongan bang. Dimana setiap bulan kami terima dana kenaikan golongan, sertipikasi dan Tansil tadi. Makannya kami terus menunggu bang,” jelas beberapa guru.

Pantauan dilapangan, para guru masih terlihat menungu hingga perncairan yang dijanjikan. Bahlan terlihat beberapa anggota intelkan turun ke dinas dan masuk ke ruangan Kadis P dan P Salma Syahputra Spd. Hingga berita ini diturunkan baik pihak Dinas enggan memberikan keterangan secara resmi.