MEDAN-Ketua Umum DPP Partai Nasdem, Surya Paloh berharap Partai yang dipimpinnya dapat meraih kemenangan dalam pemilihan Gubernur Sumatra Utara di pilkada serentak 2018. Ini disampaikan Surya Paloh ketika membuka Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) DPW Partai Nasdem Provinsi Sumatra Utara (Sumut) di Hotel JW Marriott.

Surya mengakui Partai NasDem belum menentukan sikap terhadap figur yang akan diusung menjadi gubernur dan wakil gubernur Sumut. Meski begitu, Surya menekankan NasDem harus bisa mempertahankan kepemimpinan di provinsi itu.

“Saya berharap ada kekuatan yang terus bergerak untuk mempertahankan agar kader Partai NasDem yang menjadi gubernur di Sumatra Utara. Saya tidak ingin kita kehilangan gubernur dari Partai NasDem di Sumut ini,” ujarnya.

Surya Paloh juga menegaskan belum dapat menjamin Gubernur Sumatra Utara saat ini, yakni Tengku Erry Nuradi, yang juga Ketua DPW Partai NasDem Sumut akan diusung oleh DPP Partai NasDem.

Survei internal partai yang akan menentukan apakah Tengku Erry layak dicalonkan kembali atau tidak, dan itu mengikuti keinginan masyarakat Sumut secara keseluruhan.

“Kalau skornya di bawah, Erry tidak dicalonkan,” ujar Surya Paloh di hadapan Erry Nuradi dan ratusan kader yang mengikuti rakorwil tersebut.


Lebih lanjut Surya Paloh mengungkapkan bahwa paling lambat Agustus 2017 mendatang pihaknya akan memberi keputusan siapa yang akan mereka usung. “Apakah NasDem akan mengusung (Erry) atau tidak, akan diputuskan nanti,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Surya Paloh meminta para kader NasDem mengambil cara yang menarik simpati rakyat dalam memenangi pilkada di Sumatra Utara.

“Tidak ada gunanya bekerja keras luar biasa jika tidak mendapat persepsi yang baik dari masyarakat,” serunya.

Ia mengaku bangga pada NasDem karena sebagai partai yang usianya masih muda ternyata berhasil mendapat tempat di hati masyarakat. Hanya saja, Surya mengingatkan semua keberhasilan Partai NasDem jangan membuat para kader menjadi lupa diri dan tidak lebih memaksimal mengerahkan kemampuan untuk meyakinkan masyarakat terhadap gerakan perubahan ke arah yang lebih baik.

“Syukur alhamdulillah, kita berhasil menempatkan partai kita di tempat yang terhormat,” ucap pemimpin Media Group tersebut.