SERDANG BEDAGAI – Sebanyak 100 karung pupuk kompos buatan pelajar SMP Negeri 1 Pantai Cermin, diborong Wakil Bupati (Wabup) Serdang Bedagai (Sergai) Darma Wijaya. Alasannya, orang nomor dua di Sergai ini terkesan atas kerja keras para pelajar SMP Negeri 1 Pantai Cermin yang begitu kreatif memanfaatkan limbah sampah dari sekitar sekolah dan kemudian diolah menjadi pupuk organik.

“Ini suatu terobosan yang perlu dicontoh sekolah lainnya,” ujar Wiwik, Selasa (2/5/2017), usai meninjau pelaksanaan UNBK di sekolah tersebut.

“Kita berharap Dinas Pendidikan Sergai terus memantau dan membantu pengolahan pupuk organik tersebut agar terus berkembang,” timpal Wabup.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Pantai Cermin, Maryam mengatakan, pembuatan pupuk organik tersebut baru setahun ini mereka lakoni. Sementara bahan baku pembuatan pupuk berasal dari limbah sampah yang ada di sekolah.

“Limbah sampah baik daun dan sebagainya ini kita kumpulkan dan kemudian didaur ulang dengan dicincang sehingga menjadi pupuk,” terangnya.