MEDAN-Harga sejumlah komoditas pangan relatif stabil belakangan ini. Meski begitu ada juga yang bergerak turun seperti cabai rawit.

Di sejumlah pasar tradisional di Kota Medan, bumbu dapur ini dipasarkan dengan harga Rp 12.000 hingga Rp 15.000 per kilogram (kg) dari harga sebelumnya yang sempat bertahan lama yakni Rp 25.000 hingga Rp 30.000 per kg.

Penurunan harga cabai rawit yang mencapai 100% ini dikatakan A Hutahuruk, pedagang Pusat Pasar Tradisional Medan.

Menurutnya, harga cabai rawit turun tajam sejak dua hari terakhir. "Kita jual sekarang hanya Rp 12.000 per kg, karena dari distributor harganya pun memang sudah turun," ujarnya.

Demikian juga di Pasar Sikambing Medan. U Simanjutak, pedagang sayuran ini mengatakan, saat ini pasokan cabai rawit melimpah dan kondisinya segar sehingga gampang dijual.

"Biasa saya ambil dari distributor 100 kg perhari, karena lagi murah, saya ambil 150 kg. Harga yang murah ini membuat cabai rawit laris manis. Karena sampai jam 3 sore sudah habis terjual,"ujarnya.

Menyikapi hal ini, pengamat ekonomi Sumut Gunawan Benjamin menyebutkan, musim panen cabai rawit yang terjadi di wilayah Sumut mengakibatkan harga komoditas tersebut turun drastis.

"Harga kebutuhan pokok masyarakat masih terpantau stabil. Belum mengalami kenaikan harga menjelang Ramadhan nanti. Dan berdasarkan pantauan, inflasi diperkirakan cukup terkendali selama bulan April," jelas Gunawan.