ASAHAN-Kanker serviks saat ini menghantui kaum hawa di seluruh belahan dunia, oleh karenanya perlu dilakukan pencegahan dini seperti rutin melakukan papsmeer.

Hal itu disampaikan Ketua Yayasan Kanker Indonesia Ny Hj Winda Fitrika saat membuka kegiatan pemeriksaan IVA dan Papsmeer gratis dalam rangka memperingati hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April di Puskesmas Gambir Baru.

"Cegah dan perlu pendeteksian dini guna mengantisipasi munculnya beni kanker yang berujung pada Serviks," imbaunya dihadapan puluhan kaum ibu yang sudah mendaftarkan diri guna melakukan papsmeer.

Nyi Hj Wnda yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Asahan berharap kaum ibu rutin melakukan perawatan, sebab dengan rutin melakukan perawatan dapat diketahui apakah ada gejala kanker yang dapat mengganggu kesehatan.

"Jika istri sehat, maka anak-anak serta suaminya juga sehat," ujarnya

Kegiatan dalam rangka memperingati hari Kartini ini bekerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan Tanjungbalai, "Layani masyarakat khususnya kaum hawa yang dengan sukarela untuk melakukan pemeriksaan," pinta Ny Hj Winda.