SERDANG BEDAGAI - Kecamatan Perbaungan, Serdang Bedagai (Sergai) merupakan salah satu kota yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Deli Serdang dan menjadi lokasi stategis sarang peredaran narkoba jenis sabu. sabu.

Berdasarkan catatan GoSumut, beberapa lokasi di Kecamatan Perbaungan seperti Lingkungan Kampung Tempel, Desa Jampul Pulo, Desa Citaman Jermih, Kelurahan Tualang, ditenggarai sebagai tempat peredaran sabu.

Hal itu dilihat dari banyaknya bandar, pengedar dan pemakai sabu yang berhasil ditangkap diantaranya AK (43), bandar besar yang ditembak polisi saat mencoba kabur dan membuang barang bukti sabu-sabu dari rumahnya di Jalan Garuda, Desa Citaman Jernih, Perbaungan, Kamis (22/12/2016).

Dari informasi yang diterima, sabu mencapai 1 kg milik warga keturunan tersebut berhasil dibuang ke dalam kloset sehingga polisi hanya mengamankan puluhan gram sabu. Selain itu L (32) warga Dusun I desa Jambur Pulau, Kecamatan Perbaungan, Sergai, Senin (13/3/2017) juga diringkus bersama empat temannya saat sedang pesta sabu. Dari penggrebekan itu polisi menemukan barang bukti timbangan elektrik, sabu dan alat isap.

Kemudian, M Damis Lubis (34) warga Jalan Teratai, Lingkungan Juani, Kelurahan Simpang Tiga Pekan, Kecamatan Perbaungan, Sergai, ditangkap polisi saat naik betor di sekitar terminal Amplas, Medan, Selasa (20/12/2016). Dari tangan bapak anak satu ini polisi menemukan satu bungkus pil extasi sebanyak 28 butir dan 1 paket sabu seberat 15,4 gram. Bersama barang bukti Lubis digelandang ke Mapolres Sergai.

Doly Platu Pribadi (36) ditangkap polisi saat menunggu pembeli dipinggiran jalan, di sekitar Lingkungan Tempel, Keluarahan Simpang Tiga Pekan, Kecamatan Perbaungan, Sergai, Selasa (21/3/2017).

Terakhir, polisi meringkus HS (42) SD (47) warga Dusun 3, Desa Sijenggi, Perbaungan, NW (34) warga Dusun 3, Desa Lidah Tanah, Perbaungan dan JP (33) warga Desa Pasar Bengkel Perbaungan.

Keempat pria ini ditangkap sedang pesta sabu di rumah HS di Dusun 3, Desa Lidah Tanah, Kecamatan Perbaungan, Sergai, Selasa (17/4/2017) malam. Dalam penggerebekan itu polisi mengamankan barang bukti 2 paket sabu.

Selain mereka, masih banyak lagi bandar, pengedar dan pemakai sabu yang diringkus dari Kecamatan Perbaungan.

Sementara itu, Kapolres Sergai AKBP Eko Suprihanto dikonfirmasi GoSumut melalui aplikasi WhatsApp-nya, Sabtu (22/4/2017) malam mengatakan, bukan hanya Perbaungan saja, akan tetapi semua tempat juga marak dengan narkotika karena karakteristik jalan lintas sumatera.

“Kerjasama dengan masyarakat untuk melakukan pencegahan dengan pencanangan kampung bebas narkoba secara bertahap,” ujarnya.