MEDAN-Pelaksanaan Rakerwas Itwasda Polda Sumut TA 2017 resmi digelar di Aula Catur Prasetya Mapolda Sumut, Kamis (13/4/2017). Hadir dalam acara, yakni Wakapolda Sumut Brigjen Pol Agus Andrianto, Itwasda Polda Sumut Kombes Pol Drs Wahab Saroni, Para Pejabat Utama Polda Sumut, Para Kasubbag Renmin, Kasubbagwas, Kaur Renmin, Kasiwas, Para Narasumber dan peserta Rakerwas.

Rakerwas kali ini bertemakan “Optimalisasi Fungsi Pengawasan Dalam Mendukung Pelaksanaan Tupoksi Polri yang Promoter”.

Kapolda Sumut, Irjend Pol Rycko Amelza Dahniel dalam amanatnya yang dibacakan Wakapolda Sumut, Brigjend Agus Andrianto mengucapkan terima kasih kepada segenap panitia dan narasumber atas kesiapannya pada pelaksanaan Rakerwas.

"Selamat kepada Irwasda dan seluruh staf atas pengahargaan sebagai juara 1 kategori klarifikasi Humas terbanyak tahun 2016 yang disampaiakan Irwasum Polri pada acara Rakerwas Itwasum Polri pada Maret 2017 kemarin," kata Kapoldasu.

Diterangkan orang nomor satu di Mapolda Sumut ini bahwa pelaksanaan ini sangat penting sebagai momen untuk evaluasi, memberikan motivasi dan menyampaikan arah/kebijakan pimpinan di bidang pengawasan manajemen, operasional, SDM, anggaran keuangan maupun manajemen sarana dan prasarana serta menjawab berbagai persoalan dalam pelaksanaan tupoksi Itwasda.

"Sasaran dalam pelaksanaan Rakerwas ini adalah evaluasi pelaksanaan tugas pengawasan dalam membangun kepercayaan publik baik di bidang manajemen operasional, SDM, anggaran keuangan maupun manajemen logistic," terang Kapoldasu.

Kemudian, lanjut Jenderal bintang dua ini, menyampaikan persepsi dalam pelaksanaan tugas pengawasan, sehingga tercipta sinergitas antar satker serta meningkatkan kemampuan Kasiwas selaku pengemban fungsi pengawasan di Satwil.

Lalu, zona pengawasan bebas korupsi dan pakta integritas serta Ketua Satgas Saber Pungli.

Dijabarkan Kapoldasu, beberapa keberhasilan tugas Itwasda Polda Sumut tahun 2015 dan 2016, yaitu
pengelolaan keuangan Negara, BPK memberikan penilaian wajar tanpa pengecualian (WTP) atas laporan keuangan Polda Sumut tahun 2015.

Selanjutnya, hasil anev oleh Itwasum Polri, capaian akuntabilitas kinerja Polda Sumut tahun 2016 mendapatkan nilai 65,15 atau katagori B.

"Artinya sudah baik, namun masih perlu perbaikan. Saat Rakerwas Itwasum Polri (Maret 2017) Polda Sumut mendapatkan penghargaan juara 1 kategori klarifikasi Dumas terbanyak tahun 2015," jelas Kapoldasu.