MEDAN-Peringatan HUT ke-116 pada 01 April 2017, Pegadaian Medan menggelar berbagai kegiatan yang dilakukan, seperti pertandingan futsal, badminton, lomba merias wajah, lomba literasi, lomba cerdas cermat, tenis lapangan, karaoke, dan employee gathering, upacara bendera, dan donor darah, pemberian bantuan CSR untuk Panti Asuhan Putra Muhammadiyah dan Panti Asuhan Al Jamiatul Wasliyah, Medan.

Rangkaian kegiatan diawali dengan Upacara Bendera yang dilaksanakan di halaman PT. Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah I Medan. dilanjutkan dengan bakti sosial berupa donor darah, dan penyerahan bantuan kepada 2 Panti Asuhan tersebut diatas.

Acara puncak perayaan dilakukan di kota Solo dengan menyelenggarakan “Pesta Rakyat dan Jalan Sehat” bersama masyarakat Solo. PT. Pegadaian memilih Semarang sebagai penyelenggara peringatan HUT secara Nasional, karena kantor wilayah Semarang merupakan salah satu Kanwil dengan kinerja terbaik.

“Tahun ini perayaan HUT Pegadaian melibatkan ribuan warga dan UMKM. Ini merupakan apresiasi kami kepada masyarakat yang terus memanfaatkan produk-produk Pegadaian. Tanpa kepercayaan dari masyarakat, tentu Pegadaian tidak akan tumbuh dan berkembang sampai usia lebih satu abad. Kami juga akan terus melakukan inovasi agar terus menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat maupun perkembangan teknologi,” Demikian dikatakan PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan, Nasruddin Dali dalam siaran pernya hari ini.

Pegadaian memberikan bantuan sosial berupa pemberian 116 gerobak angkringan kepada UMKM, kursi taman di sekitar Mangkunegaraan, dan tenda di night market Ngarsopuro.

Pegadaian didirikan pertama kali sebagai perusahaan milik negara di Sukabumi, 1 April 1901. Pegadaian merupakan BUMN yang konsisten memberikan solusi keuangan pada masyarakat melalui tiga inti layanan yaitu pembiayaan, bisnis emas, dan Aneka Jasa. Seiring dengan perkembangan kebutuhan masyarakat, Produk Pegadaian terus bertambah, berkembang dan bertumbuh.

Dengan tetap menempatkan jasa pembiayaan usaha mikro berbasis fidusia sebagai bisnis inti, Pegadaian juga mengembangkan pembiayaan kepemilikan kendaraan bermotor, pembiayaan ibadah haji, investasi emas, tabungan emas, multi pembiayaan online, jasa taksiran, jasa titipan (safe deposit box/SDB), sertifikasi batu permata, jasa pengiriman uang, dan produk lainnya dalam rangka optimalisasi asset.

Didukung oleh teknologi informasi yang menghubungkan lebih dari 291 outlet yang tersebar di seluruh Sumatera Utara dan Aceh secara real time online, pegadaian terus mengembangkan diri. Dengan inovasi yang berkesinambungan dan sinergi dengan lembaga perbankan, saat ini beberapa transaksi di Pegadaian dapat dilakukan secara non tunai (cashless Transaction) sehingga semakin praktis, cepat, dan aman.

Transaski dimaksud, antara lain : pencairan pembiayaan gadai dan top up produk Tabungan Emas. 
Setelah selesai Upacara Bendera dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang dihadiri oleh para pejabat dan para karyawan/i PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan.

Pemotongan tumpeng dibagikan kepada pegawai termuda, pejabat (calon pensiun), dan kepada pejabat pensiunan. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan fhoto bersama dengan pegawai termuda, calon pejabat pensiunan, dan pejabat yang telah pensiun.

Setelah itu dilanjutkan kegiatan donor darah di Kanwi,l dimana Kanwil dapat 75 kantong, 35 kantong Deputi Rantau Prapat, dan 25 kantong Deputi Banda Aceh yang mana sebelumnya ditargetkan 116 kantong.