MEDAN - Pemesanan tiket kereta api lebaran tahun ini masih sepi peminat. Padahal, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara (Sumut)-Aceh telah membuka akses pemesanan sejak 17 Maret lalu.

Manajer Humas PT KAI Divre I Sumut-Aceh, M Ilud Siregar mengungkapkan, pemesanan tiket kereta api masih sekitar 0,03% dari ketersediaan tiket untuk Lebaran tahun 2017 ini. Di mana, tahun ini disediakan 6.848 tiket per harinya. Baik itu Kereta Api Sri Bilah Utama, Putri Deli dan Siantar Ekpress.

“Kita menerapkan sistem pemesanan H-90. Kenapa kita menerapkan hal ini, tujuannya memberi kemudahan bagi masyarakat untuk merencanakan perjalanan jauh hari sebelum keberangkatan dan juga menghindari antrean panjang di loket,” ujarnya kepada wartawan akhir pekan lalu.

Diakuinya, memang pemesanan tiket kereta api masih sepi karena kondisi itu berbeda seperti di Pulau Jawa. Kata dia, kalau di Jawa calon penumpang pada mudik ke kampung halaman masing-masing dan masyarakat sangat membutuhkan transportasi kereta api.

“Kalau di Sumut, kebanyakan masyarakat bukan mudik tetapi lebih kepada silaturahim. Maka dari itu, tidak terlalu banyak,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut Ilud, dia mengimbau agar warga yang berpergian menggunakan layanan kereta api dalam masa angkutan Hari Raya Idul Fitri agar segera melakukan transaksi pemesanan melalui channel penjualan, baik secara internal maupun eksternal. Sebab, kebiasaannya masyarakat baru membeli tiket saat mau dekat Lebaran. Kalau sudah begitu, tentunya antrian akan panjang.

“Untuk menghindari antrean panjang dan untuk memudahkan masyarakat, pesanlah tiket jauh hari sebelum keberangkatan. Jadi, begitu mau berangkat hanya tinggal chek in saja,” ucapnya.

Hal senada diutarakan Kepala Stasiun Besar Kereta Api Medan, Iwan Setiawan. Iwan mengakui memang hingga saat ini pemesanan tiket kereta api untuk Lebaran masih sedikit.

Menurutnya, biasanya warga akan ramai melakukan pemesanan tiket kereta api saat beberapa hari menjelang lebaran.

“Inilah yang buat ramai stasiun, ketika orang beramai-ramai beli tiket menjelang Lebaran. Kita berharap warga yang mau mudik Lebaran, sebaiknya memesan tiket jauh-jauh hari agar tidak ikut mengantri,” tutur Iwan.