MEDAN - Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-46 akan dibuka, Jumat (17/3/2017). Pembukaan akan langsung dipimpin Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi di Jalan Gatot Subroto .edan dan akan dihadiri seluruh kepala daerah kabupaten kota.

Sebelum acara pembukaan, pada Jumat siang pukul 15.00 Wib lebih dulu digelar pawai mobil hias peserta dari depan kantor gubernur menuju arena PRSU. Selanjutnya pada pukul 19.00 Wib acara pembukaan digelar dimain stage PRSU.

Malam pembukaan PRSU yang ke 46 ini dimeriahkan pertunjukan kesenian dari Kabupaten Humbang Hasundutan yang menjadi tuan rumah PRSU 2017.

Direncanakan gubsu, bupati dan wakil bupati Humbang Hasundutan, ketua yayasan PRSU Nuzirwan Lubis, muspida provinsi Sumut dan muspida Hmbanghas tiba di arena diarak diiringi tor tor penyambutan, dilanjutkan dengan penyematan pakaian kebesaran adat batak khas Humbang Hasundutan kepada gubsu dan istri.

Selain penampilan lagu medley Sumut mewakili 8 etnik, malam pembukaan akan semakin meriah dengan pergelaran atraksi kesenian Kabupaten Humbang Hasundutan antara lain drama perjuangan raja Sisingamangaraja XII melawan penjajahan Belanda.

Promotor Sofyan Sauri dari pihak penyelenggara mengatakan, PRSU 2017 akan buka selama satu bulan hingga 17 april 2017. pada hari Senin-Kamis PRSU dibuka mulai pukul 3 sore, sedangkan pada hari Sabtu minggu dan libur nasional buka mulai pukul 10 pagi.

Pada Sabtu malam (18 Maret), panggung utama PRSU akan menampilkan band Kotak. disusul keesokan harinya, Minggu (19 Maret) di pangung yang sama bakal menghentak grup musik cadas NTRL serta Baraswara. Sedikitnya selama sebulan ada 15 artis nasional ditambah artis Sumut yang akan manggung. Sejumlah wahana, aneka jajanan kuliner dan berbagai perlombaan pun sudah siap menyambut pengunjung.

Dengan tema prestige, reborn, spirit, dan up to date, PRSU 2017 akan menghadirkan konsep dan kemasan baru yang berbeda dengan hadirnya wahana atraktif dan pementasan budaya dan seni terbesar yang pernah terselenggara

Tiket masuk pada hari biasa Rp 15 ribu per orang dan pada akhir pekan Rp 20 ribu per orang. Pihaknya juga menyediakan tiket terusan PRSU card dalam format e-card Rp 130 ribu per orang yang berlaku untuk satu bulan.