Home >  Berita >  Umum

Plt Kadis Kesehatan Labuhanbatu Ditangkap Tim Saber Pungli. Segini Uangnya...

Plt Kadis Kesehatan Labuhanbatu Ditangkap Tim Saber Pungli. Segini Uangnya...
Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang didampingi oleh Kasat Reskrim Polres Labuhanbatu AKP Firdaus saat memaparkan penangkapan di Mapolres Labuhanbatu
Jum'at, 10 Maret 2017 17:15 WIB
Penulis: Fendry Nababan

LABUHAN BATU - Pelaksana Tugas (PLt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu, Asrarul Hayat Nasution ditangkap Tim Saber Pungli Provinsi Sumatra Utara dibantu tim saber pungli Polres Labuhanbatu, Kamis (9/3/2017), di rumah pribadinya di Jalan Kancil No 6, Kelurahan Perdamean, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang didampingi Kasat Reskrim Polres Labuhanbatu AKP M Firfaus, Jumat (10/3/2017), di Mapolres Labuhanbatu.

Kapolres menjelaskan, PLt Kadis Kesehatan Labuhanbatu itu ditangkap lantaran diduga melakukan pengutipan uang terhadap Bidan PTT yang akan diangkat menjadi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN).

loading...
Dalam operasi tangkap tangan itu, tim saber pungli menemukan sejumlah barang bukti uang senilai Rp 133.900.000, serta dokumen yang berkaitan dengan pengutipan uang tersebut.

Ads
"Berdasarkan laporan masyarakat dalam hal ini korban, tersangka kita tangkap beserta barang bukti yang ada di dalam rumahnya," jelasnya.

Setelah dilakukan penangkapan, pelaku beserta barang bukti dibawa ke Mapolres Labuhanbatu untuk proses sidik.

"Dari hasil sidik yang kita lakukan, pelaku mengaku dalam modus operandinya dengan cara menghubungi bidan PTT meminta uang dengan dalih untuk biaya pengiriman berkas-berkas para CASN yang dinyatakan lulus ke BKN Provinsi Sumatera dan BKN pusat melalui BKD Kabupaten Labuhanbatu tanpa menentukan jumlah uangnya. Kemudian pelaku menerima uang dari masing masing CASN secara bertahap, dengan bertemu di beberapa tempat termasuk di tengah jalan maupun di depan kantor dinas kesehatan dan kemudian uangnya disimpan di dalam brankas di rumah pelaku," jelas Kapolres.

Akibat perbuatannya, pelaku disangkakan atas tindak pidana gratifikasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 huruf B dari UU nomor 20 tahun 2001 atas perubahan UU nomor 31 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi.

Editor : Fatih
Kategori : Umum, Peristiwa, Hukrim, Labuhanbatu, Sumatera Utara
www www