Info Pasar di Medan

Soal Harga Bawang Merah Melambung Ini Kata Pengamat

Soal Harga Bawang Merah Melambung Ini Kata Pengamat
Senin, 06 Maret 2017 21:07 WIB

MEDAN - Harga bawang merah dalam sepekan terakhir memang cenderung mengalami penurunan. Dari sebelumnya dikisaran Rp30 ribu per Kg, sempat turun menjadi Rp20 ribu per Kg, dan hingga mulai Sabtu kemarin mencapai di Harga Rp40 ribu.

Menurut Pengamat Ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin mengatakan bawang merah terpantau mengalaimi penurunan sebelumnya dan berbalik naik di pekan ini. Pemicu kenaikan harga bawang merah menurut pengakuan pedagang adalah dikarenakan adanya penangkapan bawang illegal yang seharusnya masuk ke wilayah medan sumatera utara.

"Harga bawang merah sempat menyentuh 40 ribu per Kg. Kenaikan harga bawang merah sesaat di hari libur kemarin saya pikir selain dikarenakan oleh penangkapan bawang merah illegal. Juga dikarenakan oleh berkurangnya jumlah pedagang yang memang beberapa diantaranya menutup barang dagangannya saat hari libur. Khususnya pada hari minggu." tuturnya.

Lanjut Gunawan pada hari ini harga bawang merah memang mengalami kenaikan dibandingkan rata-rata harganya sepekan kemarin. "saya menilainya begini, saat ini pedagang yang berjualan di pasar sudah kembali normal. Karena hari biasa. Jadi sisi permintaan dan persediaan cenderung berimbang. Meski demikian tertangkapnya bawang illegal yang masuk kewilayah SUMUT sangat berpengaruh terhadap harga bawang itu sendiri." ungkapnya

Ads
Ada kenaikan harga bawang merah sekitar 3000 rupiah per Kg nya. Dari yang sbeelumnya stabil dikisaran 25 ribu per Kg menjadi 30 ribu per Kg. Sementara itu, pantauan harga bawang di tingkat petani di wilayah tongging menunjukan harga masih stabil. Harga bawang merah di tingkat petani dijual dikisaran 15.000 per Kg. Tidak mengalami perubahan harga yang signifikan.

Menurut Gunawan sendiri dampak tertangkapnya bawang merah ilegal terhadap naik nya harga tidak berdampak signifikan.

'Tertangkapnya bawang illegal saya pikri tidak begitu berdampak signifikan bagi kenaikan harga bawang merah di sumatera utara. Tetapi kita perlu mencermati perkembangan harga bawang merah selanjutnya. Namun tidak perlu dikuatirkan terlalu jauh. Bawang ini barang yang tahan cukup lama. Beragam cara untuk menghadirkan bawang mulai dari impor diwilayah lain ataupun diluar negeri sangat memungkinkan. Berbeda dengan cabai," jelasnya.

Editor:Wewen
Sumber:metro24.co
Kategori:Ekonomi, Gonews Group, Medan, Sumatera Utara
wwwwww