MEDAN - Pemerintah Provinsi Sumatera (Pemprovsu) berharap kehadiran Raja Arab Saudi Salman Bin Abdulaziz ke Indonesia turut memberi angin segar bagi Provinsi Sumut. Kedatangan rombongan Salman ke Indonesia diharapkan menguntungkan pariwisata Sumut khususnya untuk kawasan Danau Toba.

"Memang kalau secara langsung efek kedatangan Raja Salman ke Sumut tidaklah. Tapi ini menjadi satu indikasi komitmen pemerintah pak Jokowi bagaimana sekarang membangun kemitraan, harmonisasi dengan semua kekuatan yang ada di dunia. Karena di Timur Tengah satu sisi mereka menerima pendapat dari kunjungan ibadah. Satu sisi kita mengharapkan adanya kerjasamalah," ujar Sekda Hasban Ritonga saat ditanya apakah utusan Raja Salman datang ke Sumut.

Hasban membantah kabar bahwa ada utusan Raja Salman yang hendak berkunjung ke Pemprovsu salah satunya untuk membahas pariwisata di Danau Toba.

"Sampai saat belum ada informasi resmi kunjungan perwakilan kerajaan. Saya kira mereka tidak ada diagendakan kunjungan mereka ke Sumut," ujarnya.

Hasban tidak mengetahui apakah Danau Toba turut menjadi topik pembciaraan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Raja Salman.

"Ya, tapi kita tidak tau ya sejauh mana pembicaraan pak Jokowi dengan beliau. Mungkin kalau memang ada pembicaraan sampai teknis ke sana (ke Danau Toba) bisa saja. Karena Danau Toba ini juga kan nantinya akan menjadi milik dunia," pungkasnya.