MANILA - Warga Kepulauan Dinagat, Filipina, digemparkan dengan ditemukannya makhluk berukuran raksasa berbulu putih terdampar di pantai Cagdainao, Kepulauan Dinagat. Makhluk misterius muncul beberapa hari setelah wilayah tersebut diguncang gempa 6,5 SR.

Foto-foto makhluk aneh itu menjadi viral di dunia maya.

Dikutip Dream dari Philippine News, Jumat 24 Februari 2017, masyarakat setempat berspekulasi bahwa makhluk raksasa tersebut naik ke permukaan setelah Kota Surigao diguncang gempa pekan lalu.

Banyak penduduk yang cemas karena yakin penampakan makhluk ini sebagai peringatan alam tentang akan terjadinya gempa dahsyat.

Makhluk yang hidup di dasar laut, seperti oarfish yang ditemukan beberapa waktu lalu diyakini sangat sensitif terhadap getaran, sebelum atau saat terjadinya gempa bumi.

Sebelumnya, para nelayan di Carmen, Agusan del Norte, menemukan oarfish. Lainnya ditemukan di Barangay Gusa, Cagayan de Oro. Penemuan oarfish juga menjadi buah bibir masyarakat di sana.

Penemuan makhluk aneh tak hanya itu saja. Pada 22 Januari 2017, makhluk laut yang juga tidak teridentifikasi juga ditemukan di sepanjang pantai Cagdainao, Kepulauan Dinagat.***