JAKARTA - Berbagai persiapan terus digesa pemerintah Indonesia dalam menyambut kedatangan Raja Salman ke tanah air.

Salah satunya adalah lift khusus yang akan digunakan Raja Arab Saudi ketujuh Salman bin Abdul Aziz al-Saud di Masjid Istiqlal, Jakarta. Lift tersebut akan digunakan oleh Raja Salman ketika mengunjungi Masjid Istiqlal pada Kamis (2/3/2017).

Para petugas sudah selesai membersihkan lantai di sekitar lift khusus Raja Salman bin Abdul Aziz al-Saud di Masjid Istiqlal tersebut. Rencananya, Raja Salman akan melakukan shalat sunah setelah memberikan pidato kenegaraan di Gedung DPR.

Lift tersebut dapat diakses melalui pintu VIP yang berada di dekat gerbang Al Malik. Selain lift istimewa, pihak pengurus Masjid Istiqlal juga membuat toilet khusus sesuai standar Kerajaan Arab Saudi.

Meski belum diketahui pasti jam berapa Raja Salman dan delegasi Arab Saudi itu akan singgah, namun kawasan Istiqlal kemungkinan akan ditutup sementara setelah salat Zuhur.

Hal itu disampaikan Kepala Bagian Protokol dan Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abd Salam saat dihubungi dari Jakarta, Sabtu 25 Februari 2017, seperti dikutip dari Antara.

"Sterilisasi dari masyarakat umum akan dilakukan setelah salat Zuhur, sehingga kemungkinan masyarakat tetap dapat beribadah salat Zuhur. Setelah beliau selesai kunjungan, area Istiqlal baru dibuka kembali," kata dia.

Abu Hurairah menjelaskan, Raja Salman beserta rombongan tidak akan melakukan tur keliling di Istiqlal. "Dalam agenda, tidak ada tur keliling masjid seperti tamu negara lainnya," ungkap dia.

Abu mengatakan, kehadiran Raja Salman di Istiqlal berbeda jika dibandingkan kehadiran presiden dan pemimpin negara lainnya, yang sebelumnya pernah mendatangi masjid terbesar Asia Tenggara itu. Orang nomor satu di Saudi tersebut hanya akan melaksanakan salat penghormatan terhadap Istiqlal (tahiyatul masjid).

Dia menjelaskan, raja negara petrodolar rencananya akan menuju ruangan VIP, mengisi buku tamu dan menuliskan kesan dan pesan untuk Istiqlal. Kemudian sembari Raja Salman berjalan, pihak penerima tamu akan menceritakan sejarah Masjid Istiqlal.

Terkait banyaknya tamu negara yang datang ke Istiqlal nanti, lanjut Abu, pengelola masjid menyiapkan area parkir kendaraan. Diperkirakan, area parkir akan dipenuhi kendaraan delegasi Saudi berikut kendaraan pejabat Indonesia.

"Rombongan kerajaan (Raja Salman) rencananya akan menggunakan area parkir khusus, ada 1.500 orang dari mereka menggunakan parkir rombongan. Ini belum termasuk pejabat yang mendampingi, parkir untuk pengantar akan diatur bagi delegasi tamu VIP nanti," beber Abu. ***