Home > Berita > Umum

Dicari, Siapa Produsen Racun VX Pembunuh Kim Jong-nam?

Dicari, Siapa Produsen Racun VX Pembunuh Kim Jong-nam?
Kim Jong-nam menemui petugas untuk melaporkan penyerangan dan meminta pemeriksaan di Bandara Internasional KLIA, Kuala Lumpur, Malaysia, 13 Februari 2017. Penyergapan itu hanya terjadi kurang dari 3 detik. Youtube.com
Sabtu, 25 Februari 2017 18:20 WIB
POLISI- Malaysia gencar melancarkan investigasi bagaimana pembunuh melakukan aksinya menggunakan racun berdaya bunuh tinggi terhadap Kim Jong-nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara.Wartawan Al Jazeera, Florence Looi, melaporkan, polisi telah menahan dan meminta keterangan seorang warga negara Korea Utara yang diduga memproduksi racun kimia, VX.

Looi mengatakan, polisi juga mencoba mengidentitikasi pria yang memiliki ilmu pengetahuan tentang bahan kimia tersebut. Menurut Looi, dia diduga mendapatkan pelatihan dan memliki pengalaman memproduksi bahan kimia di laboratorium Kuala Lumpur.

"Pertanyaan besarnya adalah, bagaimana kedua perempuan yang diduga membunuh itu mendapatkan bahan beracun," ujarnya. "Bagaiman zat beracun tinggi itu bisa masuk ke Malaysia?"

Ads
VX adalah racun berkecepatan tinggi membuat orang sesak napas dan gagal jantung. Meskipun hanya setetes, namun racun ini sanggup membunuh korbannya, apakah dengan cara dihirup atau diserap melalui kulit.

Menurut keterangan seorang pengamat keamanan kepada AFP, tidak terlalu sulit mendatangkan racun VX ke Malaysia melalui jalur diplomatik karena bebas pemeriksaan bea dan cukai.
Editor:Fatih
Sumber:Tempo.co
Kategori:Umum, Peristiwa, Hukrim
wwwwww