MEDAN - Salah seorang pekerja bangunan menemukan sebuah mortir ‎mirip peluru sepanjang 56 centimeter dan diameter 15 centimeter di areal bangunan pusat bisnis Kota Medan, Central Bussiness District (CBD), Polonia, Jalan Padang Golf Kelurahan Sukadamai, Kecamatan Medan Polonia, Rabu (22/2/2017).

Informasi diperoleh, pekerja bangunan yang dimaksud ialah ‎Andi Purnawan (28) ‎penduduk Karang Rejo, Kabupaten Langkat. Temuan mortir itu bermula saat Andi sedang menggali tanah dengan cangkul. Lalu cangkul yang digunakan Andi membentur sebuah benda keras.


Setelah itu, terdengar suara desisan layaknya gas Bocor. Tak ayak, Andi langsung menjauhi mortir itu. Tidak ingin terjadi apa-apa, ia pun melaporkan temuan itu ke Edi Iqbal, pengawas proyek bangunan. Selanjutnya, ‎Edi pun juga menghubungi rekannya seorang anggota Intel Wing III Paskhas TNI AU Lanud Soewondo, Sertu Sukirno, dan akhirnya informasi itu sampai ke tangan Jihandak Sat Brimob Polda Sumut.

Tidak lama berselang, tim Jihandak yang tiba di lokasi langsung mengangka ‎Mortir yangbsempat membuat heboh tersebut.

Kepala Kepolisian Sektor Medan Baru, Kompol Roni Bonic yang dikonfirmasi GoSumut membenarkan temuan itu. "Benar, saat ini mortir sudah didemolisi oleh tim dari Jihandak Brimob Polda Sumut," katanya singkat.