MEDAN - Dalam kurun waktu kurang lebih dua bulan (April), Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2017 akan digelar secara serentak di Indonesia. Beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta di Sumatera Utara (Sumut) yang telah melakukan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dalam hal pelaksanaan UNBK, kini telah melakukan berbagai persiapan.

Sebelumnya, Pemprov Sumut telah melakukan kerja sama dengan 9 perguruan tinggi di Sumut. Kesembilan perguruan tinggi itu di antaranya Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Universitas Panca Budi (Unpab), Universitas Katolik (Unika) Santo Thomas Medan, Universitas Muhammadiyah Tapsel, Amik Intel Global Indo Kisaran, Universitas Negeri Medan (Unimed), Universitas Prima Indonesia (Unpri), dan Universitas Medan Area (UMA).

Rektor Unimed, Prof Dr Syawal Gultom MPd melalui Humasnya M Surip mengatakan, persiapannya jauh-jauh hari telah dilakukan sekitar tiga minggu yang lalu. Mulai dari sisi sarana dan prasarana hingga ruangan, sistem maupun jaringan. Artinya, benar-benar dipersiapkan secara matang supaya pelaksanaan UNBK berjalan maksimal.

“Sejauh ini tidak ada kendala yang dihadapi, karena kita memang sudah biasa melaksanakan ujian secara online,” ujar Surip, Selasa (21/2/2017).

Dia menuturkan, dalam membantu pelaksanaan UNBK ini pihaknya menyediakan daya tampung sekitar 300 orang atau peserta ujian. Untuk pelaksanaan waktunya, sedang diatur agar berlangsung lancar.

“Ada sekitar 300 unit komputer yang akan dipergunakan untuk pelaksanaan UNBK 2017. Untuk tempat pelaksanaan ujiannya dilakukan di laboratorium komputer kampus,” sebut Surip.

Hal senada diutarakan Rektor USU, Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum. Kata Runtung, perangkat komputer yang akan digunakan untuk ujian tengah dipersiapkan.

“Kita sudah siap dengan pelaksanaan UNBK tahun ini, karena perlengkapan untuk ujian yaitu perangkat komputer memang sebelumnya-sebelumnya telah dipergunakan untuk kegiatan mahasiswa. Jadi, mudah-mudahan dapat berlangsung aman dan lancar,” ujarnya.

Disebutkan Runtung, pada pelaksanaan ujian nanti pihaknya dapat menampung kurang lebih 200 peserta ujian. Perangkat komputer tersebut terdapat pada beberapa fakultas di USU.

“Perangkat komputer yang digunakan untuk UNBK nanti bisa dari Fakultas Fakultas Kedokteran, dan juga Sistem Informasi. Kapasitas atau daya tampungnya kurang lebih mencapai 200 orang,” tukas Runtung.