HPN 2017 Maluku, Taufik Kurniawan: Pers Berperan Penting dalam Menentukan Kualitas Demokrasi

HPN 2017 Maluku, Taufik Kurniawan: Pers Berperan Penting dalam Menentukan Kualitas Demokrasi
Tufik Kurniawan. (istimewa)
Kamis, 09 Februari 2017 12:24 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Hari ini dunia pers dan seluruh insan jurnalis seluruh Indonesia memperingati puncak hari Pers Nasional yang berpusat di Ambon.

Tidak terasa, sejak reformasi digemakan kurang lebih 2 dasawarsa lalu, pers merupakan salah satu pilar penting kebangkitan kehidupan bangsa dan negara dan khususnya kesadaran akan nilai-nilai demokrasi. Atas dasar itulah kita menjalani kehidupan sebagai anak bangsa hari ini.

Menurut Wakil Ketua DPR RI Koordinator Ekonomi dan Keuangan, Taufik Kurniawan, Pers telah menjadi bagian dari pembangunan dan konsolidasi demokrasi. Bahkan menjadi salah satu pilar demokrasi itu sendiri.

"Pers memiliki peran penting dalam menentukan kualitas demokrasi kita," ujarnya kepada GoNews.co, Kamis (9/9/2017) melalui siaran persnya.

Ads
"Di tengah suasana politik yang sedang hangat menjelang berbagai perhelatan dan kontestasi, tentu saja kita menginginkan pers sebagai jembatan informasi yang mencerahkan dan mencerdaskan," timpalnya.

Saat ini kata dia, bangsa Indonesia sedang dilanda berita dan kabar yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Hoax seakan telah mewabah dan sulit dihindari. Apalagi, realitas tersebut telah berpotensi memecah-belah dan merusak tatanan sosial dan suasana kerukunan dan keharmonisan kehidupan masyarakat.

"Dalam hal ini, tentu kita berbangga dengan kebebasan informasi yang kita miliki dengan pers sebagai ujung tombak. Sebagaimana yang terkandung dalam fungsi pers seperti yang termaktub dalam UU sebagai Fungsi Informasi, Pendidikan, Hiburan dan Kontrol Sosial, tentu saja sudah pada tempatnya, Pers berperan dan berada di garis terdepan dalam meminimalisir berita-berita yang tidak bertanggung jawab serta bohong (hoax)," tandasnya.

Atas dasar itu dirinya meyakini, sebagai pilar demokrasi, pers adalah pilar penting dalam kehidupan demokrasi bangsa hari ini.

Pilar yang senantiasa memberi pencerahan dan perspekif objektif tentang segala peristiwa dan isu yang menyangkut kehidupan bangsa dan negara. Pers turut serta dalam membangun kehidupan bangsa, mengontrol berbagai penyimpangan yang tidak sejalan dengan pembangunan, dan mengilhami solusi bagi segala persoalan.

"Selamat Hari Pers Nasional. Semoga peran Pers akan semakin memberi kontribusi positif bagi kehidupan bangsa dan negara demi mewujudkan cita-cita masyarakat yang lebih baik di masa yang akan datang," pungkasnya. ***
wwwwww