CHICAGO - Seekor ikan lungfish berusia lebih 90 tahun mati dalam penangkaran di Shedd Aquarium, Chicago, Amerika Serikat. Ikan dari Australia itu diyakini sebagai ikan berumur paling panjang di dunia.

Ikan yang diberi nama Grandad dengan berat sekitar 11 kilogram disuntik mati karena usia tua. Sebelumnya ikan ini dilaporkan telah kehilangan nafsu makan dan menunjukkan tanda-tanda kegagalan organ tubuh.

Grandad didapat dari sebuah akuarium di kota Sydney pada 1933, kemudian dibawa ke Chicago.

Shedd Aquarium mengatakan ikan ini telah dilihat oleh lebih dari 104 juta orang semasa tinggal di Chicago.

''Untuk ikan yang menghabiskan sebagian besar waktunya meniru batang kayu, ia telah memicu rasa ingin tahu, semangat, dan penasaran diantara pengunjung dari berbagai usia, yang pernah mendengar atau belajar biologi soal spesies yang dianggap sebagai fosil hidup ini,'' ujar Bridget Coughlin, President Shedd.

Berapa usia Grandad tidak diketahui secara pasti, tapi diyakini pertengahan 90 tahunan.

Ikan lungfish dapat hidup sampai berusia lebih dari 100 tahun dan merupakan spesies yang dilindungi di Australia.

Ikan ini adalah penghuni asli sungai Maria dan Burnnet di Queensland. Memiliki paru-paru primitif tunggal dan menjadikan spesies ini sebagian kecil ikan yang bisa menghirup udara.

Mereka telah ada selama hampir 400 juta tahun dan fosil menunjukkan mereka tidak berubah selama lebih dari 100 juta tahun. ***