BANDA ACEH - ‎Sebanyak 12 pasar buah-buahan dan kios koran terbakar di Jalan SM Yam‎in dan Jalan Twk Daudsyah, kawasan Pasar Peunayong, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, Jumat (3/2/2017) dini hari, sekitar pukul 00.30 WIB. Namun dalam musibah ini tidak ada korban jiwa.
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh, Ridwan, melalui petugas damkar, Yudi mengatakan, 12 kios tersebut di antaranya milik Salman, Sugani (2 kios), Adi Kuala, Abdul Malek, Dedi (kios buah dan kelontong), Khairil Anwar (kios buah dan pulsa), Dedi Durazi (loket PLN), Fadli (kios koran) dan Faw. 

"Pada saat kejadian, kios milik para korban dalam keadaan tertutup (sudah tutup), tiba-tiba api keluar dari kios buah milik Adi Kuala," ujarnya kepada GoAceh, saat dikonfirmasi.

‎Dijelaskannya, selanjutnya api membakar kios tersebut dan menyebar dari satu kios ke kios lainnya yang bersebelahan, sehingga warga langsung menghubungi pemadam kebakaran dan armada damkar yang menerima informasi langsung menuju ke lokasi, dengan mengerahkan delapan unit armada pemadam kebakaran dan satu unit ambulans P2KK Aceh. 

"Api dapat dipadamkan selama sekitar dua jam kemudian, pada pukul 01.20 WIB oleh petugas dengan dibantu warga setempat bersama pihak TNI/Polri, serta relawan RAPI yang bertugas mengatur jalan dan keamanan jalur armada damkar," jelas Yudi.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, untuk 12 unit kios yang rata-rata berkontruksi kayu mengalami rusak berat dan hangus. Sementara untuk kerugian materinya belum bisa diperkirakan. Peristiwa ini masih di selidiki.

‎Pantauan GoAceh, petugas damkar masih melakukan pendinginan di beberapa kios, agar tidak kembali muncul titik api. Sementara, pihak TNI/Polri mengamankan lokasi dari tontonan masyarakat, dengan memasang garis polisi di sekitaran kios. Selain itu, tampak puluhan relawan RAPI Banda Aceh bekerjasama mengatur jalur keluar masuk damkar ke lokasi agar tidak menghambat.