MALANG - Hujan lebat sejak dua hari terakhir mengakibatkan plengsengan  rumah warga di Desa Ngadas, Kecamatan Ngadas, Kabupaten Malang, ambrol, Jumat (3/2/2017).

Sampai siang hari ini, material longsor ditempat itu sudah berhasil disingkirkan setelah kerja bhakti warga dilakukan sejak pagi hari.

Kedua rumah warga yang terdampak longsor diketahui milik Bunasis, warga Desa Ngadas di RT06/RW01 dan Giyat, warga di RT01/RW01 Desa Ngadas.

Humas Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Malang, Ali Usman menjelaskan, kondisi plengsengan rumah yang ambrol sudah dibersihkan.

"Pembersihan sudah dilakukan warga sekitar dibantu Tagana. Ada dua rumah plengsenganya ambrol terkena hujan lebat sejak kemarin," papar Ali.

Kata dia, plengsengan rumah yang longsor hingga ke jalan setinggi 3,5 meter. Sementara panjang longsoran mencapai 10 meter.

"Kerusakan sebatas plengsengan rumah. Material longsoran sudah kita bersihkan sejak pagi tadi," bebernya.

Kawasan Desa Ngadas adalah daerah dataran tinggi di Kabupaten Malang. Lokasi ini, rawan tanah longsor karena berada pada kontur tanah yang cukup labil. Masyarakat ditempat itu dihimbau waspada jika melintasi kawasan tebing jika hujan turun. ***