MEDAN - Guru Besar Universitas Methodist Indonesia (UMI) Medan Prof. Himpun Panggabean menyampaikan, di tengah persaingan perolehan kerja yang semakin ketat baik di dalam negeri maupun untuk perolehan beasiswa kuliah dan bekerja ke luar negeri, tanpa penguasaan bahasa Inggris kita tidak akan bisa berbuat banyak.

“Hampir semua negara saat ini menawarkan beasiswa kuliah di beberapa universitas ternama di negara mereka masing-masing. Syarat utamanya adalah memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan TOEFL minimal 550,” kata Himpun Panggabean kepada Go Sumut.

Menghadapi persaingan yang semakin ketat itu, kata Himpun Panggabean yang juga dosen Fakultas Sastra UMI Medan, mahasiswa harus mempersiapkan diri. Tidak hanya mahasiswa yang mengambil jurusan Sastra Inggris, mahasiswa jurusan lainnya seperti ekonomi, kedokteran, pertanian dan komputer juga perlu memperdalam kemampuan berbahasa Inggris.

“Untuk lebih memaksimalkan kemampuan berbahasa Inggris, dalam waktu dekat UMI akan menggelar acara Methodist English Olympic dengan melibatkan peserta didik dari berbagai sekolah di Sumatera Utara,” pungkasnya.

Dari kompetisi ini, tambahnya peserta didik dan mahasiswa kita akan menguji kemampuannya dalam berbahasa Inggris sudah sampai sejauh mana. Dengan ikut kompetisi, generasi muda kita akan lebih percaya diri dan lebih siap dalam menghadapi persaingan.