KISARAN - Sepanjang tahun 2016, kasus HIV/AIDS telah menjangkiti sebanyak 85 jiwa di Kabupaten Asahan. Dari data itu,19 jiwa diantaranya dilaporkan meninggal dunia. Demikian dikatakan Kepala Seksi Pemberantasan dan Penanggulangan Penyakit (Kasi P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan Safrin Sanja kepada wartawan, Minggu (29/1/2017) di Kisaran.

"Sesuai data yang ada 19 telah meninggal dunia dan sisanya ada 66 orang lagi," tutur Safrin.

Safrin juga mengatakan, pihaknya tidak tinggal diam dan terus memberikan pendampingan atau assesment kepada penderita HIV/AIDS yang bertujuan merangkul mereka agar dapat mewujudkan pola hidup sehat dan tidak melakukan penularan ke masyarakat lainnya.

"Kita harapkan mereka mengerti akan dampak dari penyakit tersebut dan tidak menularkan penyakit itu kepada orang lain dengan melakukan seks bebas yang merupakan salah satu cara yang paling cepat," harapnya.

Adapun penderita HIV/AIDS itu, sebut Safrin, yakni di Kecamatan Kisaran Timur ada 14 kasus, Kecamatan Kisaran Barat sebanyak 8 kasus, Kecamatan Simpang Empat sebanyak 6 kasus dan di Kecamatan Air Joman penderita sebanyak 5 kasus.