JAKARTA - Film animasi Upin Ipin digemari banyak orang, terutama anak-anak. Film dengan tokoh utama bocah kembar ini dinilai sarat dengan pendidikan moral.

Namun ada yang menjadi teka-teki dalam fim ini, yakni tidak pernah dimunculkannya pigur ayah dan ibu dari Upin dan Ipin.

Usut punya usut, dikutip dari berbagai sumber, ternyata orangtua Upin dan Ipin tidak ditampilkan sejak awal episode karena kru dari serial ini lupa membuat karakternya. Sebab itu, sosok orangtua si kembar diceritakan sudah meninggal akibat kecelakaan dan gambaran keduanya baru dimunculkan dalam episode-episode terakhir.

Dalam salah satu episode dikisahkan, Upin-Ipin menerima kado ulang tahun dari Opah (Nenek). Begitu dibuka, ternyata isinya adalah foto, bertuliskan Mak, Abah, Kak Ros, Upin, dan Ipin.

Meski tidak diperlihatkan wajahnya, namun tampak sosok orangtua Upin-Ipin dalam foto tersebut. Terungkap pula nama ayah dari bocah kembar itu, yakni Abdul Salam, yang ternyata berprofesi sebagai tentara.

Dalam episode berjudul ''Kenangan Mengusik Jiwa'' juga sempat ditayangkan sebuah adegan yang memperlihatkan seragam tentara, lencana beserta penghargaan milik ayah Upin-Ipin yang disimpan di dalam koper.

Sementara sosok sang ibu digambarkan dalam salah satu episode lainnya yang berjudul ''Hari Ibu'' . Dalam episode tersebut diceritakan, sekolah Upin dan Ipin menggelar acara peringatan Hari Ibu.

Bocah kembar itu lantas kebingungan karena tidak memiliki ibu. Keduanya kemudian bertanya pada sang nenek tentang sosok ibunya.

Sang nenek pun bercerita jika Ibu Upin dan Ipin adalah sosok yang lembut, penyayang serta suka menolong. Dia juga memiliki tahi lalat seperti sang nenek. Namun tak disebutkan siapa namanya.***