SIPIROK - Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) mulai melakukan seleksi seluruh personel Satuan Petugas Polisi Pamong Praja (Satpol- PP) di daerah tersebut untuk direkrut kembali.



Ketua Tim Seleksi Parulian Nasution yang juga Sekretaris Daerah Tapsel mengatakan, langkah ini merupakan terobosan baru yang dilakukan Pemkab.

"Satpol PP direkrut kemudian dilakukan tes kesehatan, jasmani dan rohani, dan tidak terindikasi Narkoba, lolos itu dianggap ideal," katanya, Sabtu (14/1/2017).

Dia menjelaskan, selain syarat memiliki tinggi badan untuk pria minimal 165 cm, dan perempuan minimal 155 cm, calon Satpol PP juga harus patuh pada Peraturan Daerah (Perda) serta memiliki wibawa saat menjalankan tugas.

"Kewibawaan petugas Satpol-PP diharap nantinya mampu menjaga 'wibawa' penegakan Perda Tapsel agar semakin baik,"katanya.

Asisten I Sekretariat Pemkab Tapanuli Selatan Hamdan Zein menambahkan, dalam proses perekrutan petugas Satpol PP itu jauh dari unsur KKN. "Seleksi puluhan petugas Satpol-PP itu melibatkan tim lain seperti dari tim dari Dispora, Kesehatan dan lainnya, dilaksanakan di komplek Perkantoran Pemkab Tapsel, di Sipirok, sejak Sabtu (14/1/2017)," tutupnya.