MEDAN - Hendy, warga Medan yang sehari-hari bekerja di kawasan Titi Kuning Medan memprediksi lokasi akan dibangunnya underpass simpang Jl Katamso-AH Nasution akan memberi dampak kemacetan lalu lintas di kawasan itu, sepanjang program pembangunannya berlangsung.

“Kalau programnya untuk mengurai kemacetan dan memperlancar arus lalu lintas mungkin tidak masalah. Menyikapi hal ini, petugas di lapangan harus benar-benar dalam mengatur jalannya arus lalu lintas agar tidak sampai mengakibatkan kemacetan panjang,” tegasnya.

Pantauan Gosumut.com, Selasa (10/1/2017), proyek pembangunan underpass terlihat sudah dimulai, kiri kanan jalan sudah diperlebar. Harapan ke depan proyek pembangunan underpass ini bisa mengurai kemacetan yang selama ini terjadi di persimpangan Katamso dan AH Nasution.

Sementara itu, aktivitas warga Kota Medan kembali normal setelah sebelumnya menghabiskan masa liburan Natal dan tahun baru serta libur semester sekolah. Pantauan hari ini, di beberapa ruas jalan Kota Medan volume kendaraan yang melintas sudah semakin banyak dan ada antrian kendaraan saat berada di persimpangan jalan yang ada lampu rambu lalu lintasnya.

Menurut Chandra, warga Tembung yang sehari-hari bekerja di pusat kota sudah terbiasa dengan keramaian lalu lintas Kota Medan yang terkadang padat dan macet pada jam-jam tertentu, terutama saat pagi menjelang masuk sekolah dan sore hari saat seluruh pekerja pulang dari kantor.

“Menyiasati jam-jam sibuk itu, biasanya saya sudah antisipasi dengan mengambil jalan pintas atau berangkat lebih cepat dari rumah,” katanya kepada Gosumut..

Lalu lintas di pusat kota sudah kembali normal pasca tumbangnya pohon trembesi di Jalan Balai Kota (Merdeka Walk) Medan. Lalu lintas di kawasan ini sedikit tersendat, arus balik penumpang kereta api dari luar kota dan antrian kendaraan yang melintas.

Pantauan lalu lintas di Jalan Brigjen Katamso simpang AH Nasution (lokasi akan dibangunnya jalan underpass) juga lancar. Antrian kendaraan terjadi saat menunggu lampu rambu lalu lintas dari aba-aba berhenti ke aba-aba jalan.