MEDAN - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara (Sumut) kembali melakukan ujicoba kereta api barang. Kali ini, PT KAI Divre I Sumut melakukan ujicoba operasional angkutan barang peti kemas komoditas tembakau milik PT Sumatera Tobacco Trading Company (STTC). Manager Humas Divre I Sumut, Joni Martinus mengatakan, ujicoba tersebut telah dilakukan di tanggal 6 Januari 2017 lalu. “Ujicoba kereta api barang tersebut merupakan salah satu upaya PT KAI Divre I Sumut untuk meningkatkan pelayanan dan juga mengembangkan bisnisnya,” ujarnya, Sabtu (7/1/2017).

Ia menuturkan, pemuatan Petikemas ke rangkaian kereta api dilakukan di jalur kereta api Siantar - Dolok Merangir KM . 41+ 700 dengan rata - rata waktu muat 3 menit per kontainer.

BACA JUGA 

Warga Helvetia Temukan Mayat di Pelintasan Kereta

Ayo..Antisipasi Bom, Brimob Turunkan Anjing Pelacak Sisir Stasiun Kereta 

“Kereta api barang tersebut menempuh jarak 129,3 kilometer dari stasiun Siantar ke Stasiun Belawan dengan rangkaian terdiri dari satu Lokomotif seri BB 203 menarik 12 Gerbong datar atau12 kontainer yang masing - masing kontainer diisi dengan muatan 21 ton,” tuturnya.

Ia menjelaskan, kereta api ujicoba tersebut diberangkatkan dari Stasiun Siantar pukul 11.15 Wib dan tiba di stasiun Belawan pukul 16.48 Wib, atau waktu tempuh perjalanan 333 menit.

“Adanya kereta api barang Siantar-Belawan tersebut membuat distribusi barang menjadi lebih cepat dan tentu saja mengurangi macet, polusi dan beban jalan raya,” jelasnya.

Ia menerangkan, adanya ujicoba yang telah dilakukan PT KAI di tanggal 6 Januari akan di lakukan secara simultan sembari evaluasi segala kekurangan - kekurangan yang ada.