MEDAN-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Sabtu (7/1/2017) pada acara peresmian gedung sekolah dan pura di sekolah Sultan Iskandar Muda Medan menyampaikan bahwa program pendidikan di tahun 2017 adalah pemerataan yang berkualitas. "Pendidikan di Indonesia harus merata dan berkualitas. Harapan kita di tahun ini tidak ada lagi anak Indonesia yang tidak mendapatkan layanan pendidikan," katanya. "Seperti diamanatkan dalam undang-undang, bahwa setiap warga negara memiliki kesempatan yang sama dalam memperoleh pendidikan dan pengajaran,"lanjutnya.

Pada kesempatan itu Mendikbud menyinggung betapa pentingnya kebersamaan dalam keberagaman untuk membangun generasi cerdas. Kebersamaan dalam keberagaman adalah wujud dari gotong royong.

"Simbol gotong royong menjadi dasar yang disampaikan Soekarno dalam membangun keberagaman di Indonesia," kata Muhadjir.

Kalau dulu, katanya,  wujud gotong royong itu terlihat dari kebersamaan warga masyarakat dalam membersihkan lingkungan, memindahkan sebuah rumah yang terbuat dari kayu. "Dengan bergotong royong satu masalah bisa diselesaikan dengan cepat dan manfaatnya bisa dirasakan bersama-sama,"ujar Muhadjir.

 "Sikap gotong royong ini yang kita harapkan dapat mendukung peningkatan pendidikan di Indonesia. Dimana antara masyarakat yang satu memiliki kepedulian kepada masyarakat lainnya terutama yang belum mendapatkan akses pendidikan," tandasnya.