Tahun 2016 telah berakhir, dan tahun 2017 tiba. Saatnya kita atur perencanaan keuangan keluarga dengan cara yang tepat. Dimana mengatur keuangan keluarga dengan tepat akan mempunyai banyak manfaat. 

Selain itu, Anda dapat mendeteksi arus keluar masuk uang dengan baik, dapat mencapai tujuan-tujuan keluarga, menyiapkan dana untuk hari tua, dan masih banyak manfaat lainnya.

Beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mengatur keuangan keluarga di awal tahun, yaitu:

1. Mengevaluasi.

Anda perlu mengevaluasi kondisi keuangan keluarga setahun terakhir agar bias menilai rapor keuangan keluarga Anda. Jika memang sudah baik dan tepat, Anda bias teruskan. Jika belum, Anda harus cari tahu dimana letak kesalahannya agar tidak mengulangi di tahun berikutnya.

2. Kenali semua pengeluaran dan pemasukan.

Identifikasi kondisi keuangan keluarga Anda. Mulai dari pengeluaran hingga pemasukan untuk mengenali kemampuan keuangan keluarga Anda.

3. Buat anggaran belanja.

4. Perkirakan jumlah nominal untuk tiap anggaran keluarga Anda.

Utamakan kebutuhan-kebutuhan mendasar keluarga Anda, bukan sekadar keinginan yang belum tentu menjadi kebutuhan keluarga Anda.

5. Rancang tujuan jangka pendek dan panjang keuangan keluarga Anda.

Seperti keuangan untuk pendidikan anak, persiapan hari tua, atau tujuan lainnya. Pikirkan cara untuk mencapai tujuan tersebut, seperti menyisihkan dana tersendiri setiap bulannya untuk tujuan agar tercapai.

6. Disiplin.

Mengatur keuangan keluarga sebaik apapun jika tidak disipilin, maka tidak akan berhasil. Disiplinlah dalam menjalankan rencana keuangan keluarga tersebut. Karena disiplin adalah jaminan atas sukses Anda.