JAKARTA - Perampok sekaligus pembunuh di sebuah rumah mewah di kawasan Pulomas, Jakarta Timur, Ridwan Sitorus alias Yus Pane alias Pius Pane (45) rencananya akan dibawa ke Polda Metro Jaya pada siang hari ini, Minggu (1/1).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan Yus Pane ditangkap personel gabungan Polres Metro Jakarta Timur, Polres Depok, dan Polda Metro Jaya saat hendak menaiki bus Antar Lintas Sumatera (ALS), di jalan Sisingamangaraja Medan, Sumatera Utara, pagi tadi.

''Ini lagi dibawa ke Markas Polres Jakarta Timur. Baru siang ke Polda Metro Jaya,'' kata Argo saat dikonfirmasi.Ia menjelaskan, penangkapan dilakukan setelah polisi mengumpulkan informasi dari warga sekitar tempat tinggal Yus Pane di Tapos Depok, Jawa Barat dan rekan tersangka lainnya.''Kini masih kami dalami terkait perannya,'' ujar Argo.

Yus Pane menjadi tersangka terakhir yang diburu polisi atas aksinya merampok sekaligus membunuh korbannya di sebuah rumah mewah di kawasan Pulomas. Saat kejadian, Yus Pane disebut naik ke rumah lantai dua dan menarik semua penghuni. Ia kemudian menodong korban dengan senjata api.

Yus Pane juga disebut sebagai pelaku yang punya ide memasukkan seluruh penghuni rumah ke dakam kamar mandi dan mencari barang-barang berharga di kamar-kamar yang ada di lantai dua.Selain itu, Yus Pane juga menyeret dan memukul korban Diona Arika Andra Putri (16) dari kamarnya menuju kamar mandi dengan senjata api miliknya.

Diona merupakan putri dari Dodi Triono (59), pemilik rumah korban perampokan yang ikut dibunuh. Dia disekap bersama sepuluh korban lainnya di kamar mandi berukuran 2x1 meter pada hari terjadinya perampokan. ***