MEDAN - Budaya gotong royong merupakan salah satu perwujudan nyata dari semangat dan jiwa persatuan masyarakat Indonesia. karenanya budaya gotong royong seharusnya terus dijaga dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam pembangunan masyarakat. Hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, saat menghadiri peringatan bulan bhakti gotong royong masyarakat ke 13 tahun 2016 di Lapapangan Pertiwi, Selasa (28/12/2016).

 

Dalam arahannya, Akhyar mengatakan dalam gotong-royong terdapat nilai-nilai positif yang dapat dijadikan landasan dalam pembangunan, diantaranya nilai persatuan, nilai kebersamaan, nilai kerelaan berkorban, nilai tolong menolong dan nilai sosial dengan sesama masyarakat.

Untuk itu, Wakil Wali Kota mengharapkan kedepannya kerjasama dan sikap gotong-royong dapat semakin ditingkatkan di era modern yang cendrung ke arah individualistis seperti saat ini. sebab, sekacil apapun kontribusi seseorang dalam kegiatan gotong-royong pasti selalu akan dapat memberikan pertolongan dan manfaat untuk orang lain.

"Gotong royong ini merupakan budaya bangsa Indonesia, maka ini harus terus kita jaga, karena tidak ada seorang pun yang dapat bekerja sendiri di bangsa ini, untuk itu kami mengajak seluruh masyarakat untuk bergotong royong minimal ikut menjaga kebersihan lingkungan masing-masing dengan tidak membuang sampah sembarangan," ajaknya.

Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Medan, Damikrot, dalam laporannya mengatakan peringatan bulan bhakti gotong royong ini bertujuan untuk mengajak seluruh element masyarakat agar meningkatkan semangat bergotong royong, sehingga masyarakat kota Medan terdorong untuk melakukan gotong royong di segala bidang kehidupan.

Untuk menyambut kegiatan ini, lanjut Damikrot, Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Medan telah melakukan berbagai perlombaan diantaranya lomba bulan bhakti gotong royong masyarakat tingkat Kelurahan dan lomba karang taruna berprestasi terbaik.

"Kita juga memberikan sertifikat kepada Camat-camat yang rutin menggelar gotong royong guna mendukung pembangunan Kota Medan," lanjut Damikrot.

Hadir dalam peringatan bulan bhakti gotong royong tersebut, Wakil Ketua TP PKK Kota Medan Nurul Khairani Akhyar Nasution, para pimpinan SKPD dan Camat dijajaran Pemko Medan, serta Lurah Dan Kepling.