BANDA ACEH - Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) akan membuka tiga Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) yaitu, Akuntansi, Teknik Sipil, dan Agroteknologi di Kota Subulussalam. Hal itu disampaikan Wakil Rektor I Bidang Akademik Unsyiah, Hizir dalam Seminar Persiapan Pembukaan PSDKU bersama Pemerintah Kota Subulussalam di Balai Senat Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh, Kamis (22/12/2016).

“Pembukaan PSDKU di Subulussalam merupakan komitmen Unsyiah dalam memberikan pelayanan pendidikan terbaik bagi masyarakat Aceh, sekaligus dapat meringankan biaya pendidikan masyarakat kabupaten,” ujar Hizir.

Seminar tersebut, katanya, merupakan tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman antara Unsyiah dan Pemerintah Kota Subulussalam pada tahun 2015 lalu. Dalam kerja sama tersebut  disepakati Unsyiah akan membuka PSDKU di Kota Subulussalam pada tahun 2017. Kehadiran PSDKU setidaknya dapat meringankan dan menghemat biaya pendidikan calon mahasiswa.

“Jadi mereka yang ingin menempuh pendidikan tingkat tinggi tidak perlu lagi harus ke Banda Aceh. Unsyiah ingin menjangkau seluruh Aceh. Semua anak Aceh harus merasakan pendidikan tingkat tinggi,” katanya.

Selain Subulussalam, lanjutnya, Unsyiah juga telah membuka PSDKU di Gayo Lues pada tahun 2014 dengan empat program studi, yaitu Ekonomi Manajemen, Pendidikan Biologi, Agroteknologi, dan Kehutanan. Direncanakan Unsyiah juga akan membuka PSDKU di Kabupaten Simeulue.