PADANG LAWAS - Pemerintah Desa Hasahatan Jae Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan di halaman Madrasah Diniyah Tahmiliyah Awaliyah (MDTA) Hasahatan Jae, Minggu (11/12/2016) pukul 20.00 WIB malam.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW itu menghadirkan penceramah Al-ustadz H Hasanuddin Tanjung Lc dari Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Kegiatanya dirangkaikan dengan pengukuhan Karang Taruna Persatuan Naposo dan Nauli Bulung Desa Hasahatan Jae.

Dalam sambutannya, Ketua BPD desa Hasahatan Jae Supriadi mengapresiasi kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang direncanakan oleh Pemdes Hasahatan Jae. Dia mengatakan siap mendukung segala program yang akan direncanakan Pemdes Hasahatan Jae yang tujuannya untuk peningkatan kemaslahatan masyarakat desa Hasahatan Jae.

“Misalnya peringatan Maulid Nabi Muhammad ini kami dari BPD desa Hasahatan Jae berada di garda depan. BPD juga akan mendukung setiap program baik di bidang peningkatan keagamaan begitu juga peningkatan infrastruktur  yang akan diagendakan Kepala Desa Hasahatan Jae bersama jajarannya.

Untuk itu kata Sufriadi, seluruh warga desa Hasahatan Jae diharapkan untuk bersama-sama mendukung  program yang dicanangkan Pemdes Hasahatan Jae. Hilangkan unek-unek dari diri pribadi kita masing-masing, marilah kita meningkatkan silaturrahim, tali persaudaraan, persatuan dan kesatuan ditengah-tengah masyarakat,”ajaknya.

“Kalau ada program yang tidak berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku, warga bisa langsung menyampaikan informasi itu kepada kami, karena BPD itu merupakan perpanjangan tangan masyarakat untuk menyampaikan segala aspriasi kepada Pemdes Hasahatan Jae,”terangnya.

Kepala Desa Hasahatan Jae Abner Hsb mengatakan kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan agenda rutinitas yang diprogramkan Pemdes Hasatan Jae setiap tahunnya. Peringatan itu sekaligus upaya Pemdes Hasahatan Jae mengajak seluruh elemen masyarakat  untuk mengaplikasikan kepribadian Nabi Muhamamad SAW di kehidupan sehari-hari.

“Mengimplementasikan kepribadian Nabi Muhammad saw di kehidupan sehari-hari  merupakan langkah kita untuk menciptakan hidup rukun, damai dan tentram, serta mengingatkan kembali bahwa kita semua warga desa Hasatan Jae adalah bersaudara,” jelasnya.

Dijelaskan, Pemdes Hasahatan Jae akan berupaya semaksimal mungkin untuk mengagendakan program desa, yang notabenenya meningkatkan perekonomian  dan kesejahteraan masyarakat, utamanya peningkatan kerohaniawan  khusus budi pekerti ditengah-tengah masyarakat.

“Kepada pengurus karang taruna persatuan naposo dan nauli bulung desa Hasahatan Jae yang baru dikukuhkan Abner mengimbau supaya karang taruna bisa menjadi sarana pemersatu naposo dan nauli bulung didesa Hasahatan Jae,” sebutnya.

Abner juga mengajak supaya karang taruna ikut berpartisipasi mensukseskan setiap agenda pembangunan yang dicanangkan Pemdes Hasahatan Jae, khususnya hadir didalam momen suka cita masyarakat, terlebih-lebih berpartisipasi sewaktu ada kemalangan di desa.

Al-ustadz H Hasanuddin Tanjung Lc dalam tausiyahnya menyampaikan kehidupan ini sangatlah singkat dan manusia hidup didunia hanya sebatas menumpang saja sebagai jembatan menuju akhirat nantinya. Mari maknai perjalanan kehidupan  ini sesuai yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW sebagi suri teladan bagi seluruh umat manusia di muka bumi ini.

“Sepanjang sejarah, Nabi Muhammad SAW lahir kedunia fana ini ayahnya sudah meninggal dunia, usia 6 tahun ibunya sudah meninggal dunia, sehingga Beliau melangsungkan kehidupannya dengan menumpang hidup mulai dari Kakek sampai pamannya. Setelah usia dewasa, Beliau  menjadi penyempurna agama-agama yang diturunkan Allah sebelumnya,” terangnya.

Sebelumnya, Ketua Karang Taruna Persatuan Naposo dan Nauli Bulung Desa Hasahatan Jae Abdul Hakim mengucapkan terimakasih kepada seluruh stake holder yang turut berpartisipasi atas  terlaksananya peringatan maulid Nabi Muhammad saw sekaligus pengukuran karang taruna.

“Kami dari Karang Taruna persatuan naposo dan nauli bulung desa Hasahatan Jae siap menyukseskan segala agenda pembangunan yang dicanangkan Pemdes Hasahatan Jae,” ungkapnya menutup.