BANDA ACEH - Gempa bumi mengguncang Provinsi Aceh pagi hari ini, Rabu (7/12/2016) sekitar pukul 05.04 WIB. Menurut informasi data BMKG, ‎gempa yang terjadi berkekuatan 6,4 skala richter dengan episenter terletak pada koordinat 5,19 LU dan 96,36 BT, pada kedalaman 10 kilometer.
"Gempa bumi hampir dirasakan di seluruh wilayah provinsi Aceh dari Banda Aceh, Pidie Jaya, Lhoksumawe, Meulaboh, Pidie, Bireuen, Langsa dan lainnya," ujarnya Kasi Data dan Informasi BMKG Aceh Stasiun Blang Bintang, Zakaria, kepada GoAceh.
 
 
Dalam peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukan, bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan kuat dirasakan di daerah Banda Aceh dalam skala intensitas II SIG-BMKG atau (III-IV MMI). "Di daerah ini guncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan oleh orang banyak, bahkan beberapa warga berhamburan ke luar untuk menyelamatkan diri," katanya.
 
Ia menambahkan, ?dari laporan yang diterima pihaknya, sudah lima kali aktivitas gempa bumi susulan terjadi.
 
"Gempa tidak berpotensi tsunami. Masyarakat Diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khususnya masyarakat Banda Aceh, diimbau agar tidak terpancing isu tsunami, karena tidak berpotensi tsunami dan terjadi di darat," tambah Kasi Data dan Informasi BMKG Aceh Stasiun Blang Bintang, Zakaria.