MEDAN - Empat pemuda asal Bandung Jawa Barat bawa sabu seberat 3 kg di selangkangan diamankan Petugas keamanan Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumut, Senin (5/12/2016). Keempatnya diamankan sebelum naik pesawat, karena kedapatan membawa narkotika itu. Keempat orang yang diamankan berinisial ER (29), EY (24), YP (19), dan DH (18).

"Semuanya warga Bandung. Mereka menyimpan sabu di selangkangan, masing-masing 750 gram dalam kemasan ketat," kata Kuswadi, Manajer Keamanan Bandara Kualanamu. 

Sabu-sabu itu disimpan di dalam selangkangan setelah dikemas khusus. Narkotika itu ditempatkan di dalam plastik yang di-press sangat ketat.

Keempat pelaku diketahui datang ke Bandara Kualanamu bersamaan. Mereka merupakan calon penumpang Batik Air dengan nomor penerbangan ?ID6885 yang dijadwalkan terbang Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Banten, pada ?pukul 11.00 WIB. Sekitar ?pukul 08.00 WIB, EY, seorang di antara pelaku, dihentikan saat masuk ke pos pemeriksaan pertama atau Security Check Point (SCP) 1.

"Dia diperiksa berdasarkan profiling yang dilakukan petugas di lapangan," kata Kuswadi. 

Benar saja, di bagian selangkangan EY ditemukan benda mencurigakan, sehingga dia dibawa ke ruang pemeriksaan khusus. Begitu dibuka, benda itu ternyata sabu-sabu seberat 750 gram. Di waktu terpisah, tiga rekan EY menyusul masuk melewati SCP 1. Ketiganya diamankan meskipun sempat tidak mengaku. Petugas membawa mereka ke ruang pemeriksaan khusus untuk digeledah. 

"Setelah diperiksa, dari masing-masing orang ditemukan 750 gram sabu-sabu yang dikemas dalam kemasan yang sangat ketat. Jadi total kita mengamankan 4 orang dengan barang bukti 3 kg sabu-sabu dan uang tunai Rp 1.539.000," jelas Kuswadi.

Petugas keamanan Bandara Kualanamu sudah menyerahkan keempat pelaku dan barang bukti ke Satuan Reserse Narkoba Polres Deli Serdang.

"Kita serahkan ke Polres untuk pengembangan lebih lanjut," pungkas Kuswadi.