MEDAN: Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi menyebutkan bahwa kesehatan adalah harta yang tidak ternilai. Oleh karenanya setiap individu diharapkan membiasakan pola hidup sehat. Salah satunya dengan berolahraga fisik secara teratur setiap harinya. "Bagaimanapun kalau kita punya harta atau materi yang banyak, jika kesehatan kita tidak baik, tentu itu tidak ada gunanya,’’ tutur Gubsu Erry ketika menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 tingkat Provinsi Sumatera Utara yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (27/11).

Oleh karenanya, peringatan HKN seperti hari ini sesuatu hal yang sangat posotif dan harus terus digelorakan. Bukan hanya di provinsi saja, tetapi juga di setiap kabupaten kota di Sumut. Mari jaga kesehatan di lingkungan tempat tinggal kita masing-masing guna menunang aktifitas sehari-hari,"ujar Erry.

Karena dengan tubuh yang sehat, kata Erry, tentu kita dapat melakukan banyak hal. Tugas-tugas kita pasti sangat banyak. Baik dilingkungan tempat tinggal kita atau tugas lebih besar di pemerintahan maupun tugas lainnya. Oleh karenanya dengan kegiatan hari ini kita bisa mendapatkan semuanya.

‘’Mendapat kegembiraan, mendapatkan jiwa yang sehat dan tubuh yang sehat. Karena kita bersilaturahmi dan berolahraga pada hari ini. Sekali saya mengucapkan terimaskih kepada semuanya, panitia, donatur maupun sponsor dan sudah memberikan banyak hadiah untuk luckydraw pada HKN ke-52 ini,"ujar Erry lagi.

Selain itu Erry juga berterimakasih kepada Kabupaten Kota yang turut berpartisipasi dalam peringatan HKN di Medan. Menurut Erry sudah sepantasnya juga diapresiasi terhadap penyelenggara kesehatan seperti halnya Rumah Sakit, Puskesmas, Bidan, Perawat, dan dokter yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat tanpa pamrih diberikan penghargaan.

Sementara , Ketua Panitia Peringatan HKN ke-52 Agustama kegiatan Jalan Sehat Sumut Paten merupakan rangkaian dari HKN ke 52 Tingkat Provinsi. Kegiatan ini terselenggara atas dukungan Dinas Kesehatan Pemprovsu, IKA USU dan juga dukungan stakeholder, perguruan tinggi dan sponsorship. Jalan Sumut Paten diikuti 2.500 peserta dari berbagai lapisan masyarakat. Kegiatan ini lanjut Agustama bertujuan untuk mengajak masyarakat membiasakan diri berprilaku hidup sehat berupa aktifitas fisik setiap hari secara teratur.

"Kami mengucapkan terimaksih kepada Pak gubernur atas berbagai dukungan yang diberikan selama ini terutama melalui kebijakan penganggaran yang setiap tahunnya mengalami peningkatan secara sifnifikan. Dimasa-masa akan datang kami berharap terus mendapat dukungan dari bapak Gubernur demi terwujudnya pembangunan kesehatan menuju masyarakat Sumut yang sehat dan sejahtera,"pungkasnya.
 
Sekedar informasi kegiatan Jalan Sehat Sumut Paten dirangkai dengan kegiatan pemeriksaan Kesehatan Gratis, Bazar dan hiburan, sarapan pagi, dan Lucky draw dengan hadiah utama sepeda motor. Untuk hadiah utama ini, Erwin Sinaga dari KKP Kelas I Medan berhasil membawa pulang sepeda motor setelah Gubsu Erry Nuradi menarik nomor undian yang bertuliskan nomor sesuai nomor  undian miliknya.