PADANG LAWAS- Peringatan hari guru ke 71, pihak Madarasah Aliyah Negeri (MAN) Sibuhuan Jajaran Kemenag Kabupaten Padang Lawas (Palas) mengadakan pemilihan guru teladan dan berprestasi, serta pemilihan staf Tata Usaha (TU) ter favorit. “Uniknya pemilihan ini, yang menentukan guru teladan dan TU terfavorit itu berada pada pilihan seluruh siswa MAN sibuhuan, dan guru berprestasi baru langsung dinilai Kepala Sekolah (Kasek),”ungkap Kasek MAN Sibuhuan Mahyarni Junida Nst SPd MA bersama Wakasek bidang kesiswaan Sahut Martua Lubis S Ag kepada GoSumut Jumat (25/11/2016).

Dikatakan, di hari guru ini, siswa diberikan haknya untuk memberikan penilaian kepada guru teladan dan staf TU berprestasi. Hanya saja guru berprestasi langsung dinilai Kasek, dengan kategori penilaian memiliki prestasi dibidang akademik dan mengusai IT.

“Hasil penilaian siswa itu terpilih guru teladan Dahnial Arham Hsb S PdI guru bidang study pendidikan agama islam, dan staf TU terfavorit terpilih Masyakur Anwar Nst S Sos. Untuk guru berprestasi terplih Marsauli Gabena S Pd guru bidang study ekonomi,”terangnya.

Diterangkan, pengumuman dan penyerahan hadiah berikut sertifikat kepada guru teladan dan berprestasi serta staf TU terfavorit diberikan usai upacara hari peringatan guru dilapangan MAN Sibuhuan.

“ Untuk tahun ini kita melaksanakan peringatan hari guru dilapangan MAN Sibuhuan dengan petugas upacaranya langsung diambil alih dewan guru. Usai upacara diringi salam-salam antara siswa dengan guru tanpa adanya kado siswa kepada guru,”paparnya.

Dijelaskan, Pihak sekolah tidak menginstruksikan kepada siswa untuk membawa kado kepada guru. Karena hal itu bertentangan dengan PP 87 tahun 2016 tentang satuan tugas sapuh bersih pungutan liar.

Mahyarni berharap dengan peringatan hari guru bisa menumbuh kembangkan pengembangan keprofesian dan karier guru. Beberapa kebijakan strategis untuk membentuk guru profesional, sejahtera, bermartabat, dan terlindungi tengah dilakukan di semua lini.

“Bahkan program peningkatan profesionalisme guru menjadi salah satu agenda utama pembangunan pendidikan nasional khususnya peningkatan mutu pendidikan di MAN Sibuhuan,”tandasnya.

Bupati Palas H Ali Sutan Harahap mengatakan Pemerintah pusat sampai Pemeritah daerah  telah bertekad meningkatkan kesejahteraan guru melalui pemberian tunjangan profesi dan tunjangan khusus bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik.

“Kita berharap hal ini berimplikasi nyata bagi perbaikan kompetensi dan kinerja guru, dibuktikan dengan peningkatan mutu proses dan hasil belajar siswa,”terang Pria yang akrab disapa TSO itu.

Kedepan kata TSO pihaknya melalui Dinas Pendidikan Palas akan merumuskan kebijakan, agar sebagian tunjangan profesi guru bisa diinvestasikan bagi peningkatan kinerja guru melalui program pelatihan dan usaha guru belajar mandiri, menuju Palas Bercahaya.

“Profesionalisme guru, khususnya berkaitan dengan pengembangan keprofesian dan karirnya makin terus ditumbuhkembangkan,”paparnya.

Dijelaskan, sesuai dengan agenda utama pembangunan pendidikan Nasional, pihaknya berupaya membuat kebijakan strategis untuk membentuk guru yang profesional, sejahtera, bermartabat, dan terlindungi sedang dan akan terus dilakukan oleh pemerintah di semua tingkatan.