MEDAN - Rumah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Deliserdang, Tahan Sembiring di Dusun V, Desa Namoriam, Pancurbatu ludes dilalap sijago merah, Kamis, (24/11/2016) dinihari. Informasi yang dihimpun, rumah semi permanen yang sekaligus dijadikan panglong tersebut diduga dibakar karena motif dendam.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut. Namun, kerugian ditaksir mencapai setengah miliar rupiah.

Anggota Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) ini menyebutkan, rumahnya sengaja dibakar oleh orang suruhan adik Kepala Desa Bintang Meriah. "Satu dari tiga pelaku berhasil ditangkap warga, dan kemuduian diserahkan ke Polsek Pancurbatu," kata Tahan. 

Tahan menjelaskan, bahwa ia tidak tinggal di rumah yang terbakar itu. Melainkan tinggal di Desa Durin Sembelang. Berjarak sekitar 1 kilometer dari rumah yang terbakar. "Di rumah yang sengaja dibakar itu dihuni oleh anak saya Randi Alhadi (22) yang nomor dua dan isteri serta anaknya yang masih berusia dua tahun. Selain itu, ada Ivan juga anak saya yang nomor tiga," jelas Tahan sembari menyebutkan gudang pembuatan pintu dan jendela beserta isinya juga ludes terbakar. 

Lanjut dikatakan Tahan, pasca pembakaran rumah miliknya, satu dari tiga pelaku tertangkap oleh warga, dan kini tengah menjalani pemeriksaan di Mapolsek Pancurbatu. "Nama pelaku itu adalah Aditya Bangun, warga Tanah Karo. Berdasarkan interogasi warga, Aditya, baru menerima upah Rp 1 juta dari kesepakatan 2 juta rupiah oleh orang yang menyuruhnya," ungkap Tahan.

Kata dia, tersangka yang ditangkap warga tersebut mengaku ia disuruh adik Kepala Desa. "Pengakuannya, adik Kades Bintang Meriah yang menyuruhnya membakar rumah saya bersama dua rekannya yang berhasil lolos.

Tahan berharap kasus pembakaran ini dapat diungkap dan pelakunya segera ditangkap oleh Polsekta Pancurbatu. Namun, jika tidak juga mampu menangkapnya, Tahan akan melaporkan persoalan itu ke Polrestabes Medan. 

Terpisah, Kapolsek Pancurbatu Kompol. Frido Gultom yang dimintai konfirmasi membenarkan peristiwa kebakaran yang dialami oleh Tahan Sembiring. Kata Kapolsek, motif aksi pembakaran yang diduga dilakukan tiga orang ini, masih didalami Polsekta Pancurbatu.

"Ya, Aditya adalah sopir truck. Yang terbakar panglong sekaligus rumah milik anggota DPRD Kabupaten Deliserdang, Tahan Sembiring," tandas Kapolsek.