Medan- M. Jaffar Hasibuan, Alumni Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Bimbingan Konseling Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) berhasil meraih juara 2  pada kategori pemuda mandiri dalam ajang memperingati Hari Sumpah Pemuda yang digelar   Kementrian Pemuda dan Olahraga. Jaffar  menjadi satu-satunya pemenang mewakili Sumatera Utara.

“Saya ikuti seleksi dengan dua ribu sarjanawan dari seluruh Indonesia. Kemudian diseleksi lagi menjadi 38 peserta. Hingga akhirnya saya terpilih menjadi 15 besar,”ungkapnya. Acara tersebut dilaksanakan di Jawa Barat pada tanggal 13-15 September 2016

Proses demi proses diikutinya hingga memasuki tahap 15 besar.  Jaffar berhasil mencuri perhatian dewan juri melalui jawaban soal, interview dan hasil karya yang dimilikinya. Hingga akhirnya ia dinobatkan sebagai peraih juara ke 2 untuk katagori Pemuda Mandiri.

Berkat kemenangan yang diraihnya, Jaffar bertekad untuk menumbuhkan bibit-bibit baru untuk bisa melanjutkan estafet juara yang diraihnya.

Rasa bangga terhadap prestasi Jaffar turut dirasakan Rektor UIN SU,  Prof. Dr. Saidurrahman. Ia berharap prestasi yang diraih Jaffar menjadi teladan bagi mahasiswa UIN lainnya.

"Semoga anak kita ini bisa menjadi contoh untuk mahasiswa kita yang lainnya," ujar Saidurrahman ketika dijumpai di ruang kerjanya.