PADANG LAWAS -Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah dan Pendidikan Tinggi (Dikmenti) Provinsi Sumatera Utara (Provsu), Hamida Pasaribu melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke SMAN 1 Barumun Kabupaten Padang Lawas (Palas), Jumat (4/11/2016) kemarin Kegiatan sidak ke SMAN 1 Barumun merupakan tindak lanjut dari pasca transisi jajaran SMA sederajat ke Provsu. Sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2014, dan tanggal enam oktober 2016 kemarin seluruh Bupati/Walikota se Sumut, disaksikan Ketua DPRD, Kejari secara resmi telah menandatangai peralihan SMA sederajat ke Provsu.

“Kita ingin melihat secara langsung sejauh mana proses belajar mengajar (PBM) di SMAN 1 Barumun, apakah PBM setiap harinya terkendala akibat adanya peralihan jajaran SMA sederajat ke Provsu,” ungkapnya kepada GoSumut.

Dikatakan, SMAN 1 Barumun dijadikan sebagai tempat sidak didasari dengan adanya informasi, kepala sekolah (Kasek) yang memimpin SMAN 1 Barumun sudah mengundurkan diri dalam beberapa bulan yang lalu.

“Dari hasil wawancara dengan wakil kepala sekolah beserta dengan guru SMAN 1 Barumun, ternyata informasi pengunduran diri kasek ternyata benar. Sampai saat ini SMAN 1 Barumun belum ada kepala sekolahnya,” terangnya.

Ironisnya lagi kata Hamida, dana bantuan operasional sekolah (Bos) sampai sekarang belum dicairkan. Untuk keperluan sekolah, baik ATK maupun peralatan lainnya, dewan guru terpaksa harus berhutang kepada rekanan.

“Atas informasi yang kita peroleh itu, kita mengimbau kepada seluruh dewan guru yang bertugas di SMAN 1 Barumun baik PNS maupun guru honorer supaya tetap konsisten melangsungkan PBM setiap harinya,” terangnya.

Jangan dianggap jadi kendala pengunduran kasek itu kata Hamida, untuk semntara masih ada wakil kasek yang memimpin dan mengendalikan PBM di SMAN 1 Barumun. Mari kita hormati dan hargai mereka (wakasek,red) jadikan sebagai imam kita,” tegasnya.

“Masalah siapa yang menjadi kasek yang baru di SMAN 1 Barumun itu jangan menjadi bahan perbincangan dewan guru. Yakin dan percayalah  kedepan pihak Disdik Provsu akan berupaya semaksimal mungkin menugaskan kasek yang memiliki SDM dan betul-betul memikirkan peningkatan mutu pendidikan di SMAN 1 Barumun,” jelasnya