MEDAN - Diperkirakan sebanyak ratusan ribu umat Islam di Kota Medan turun ke jalan meminta agar aparat kepolisian segera menangkap dan mengadili Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Aksi yang dilakukan umat muslim ini, sebagai ungkapan protes atas pernyataan Ahok yang diduga melakukan penistaan agama saat berkunjung ke Pulau Seribu.

Pantauan di lapangan, usai shalat Jumat (4/11/2016), umat muslim dari berbagai penjuru berkumpul di Jalan Diponegoro tepatnya di depan Masjid Agung. Tampak pula organisasi agama, kepemudaan, dan organisasi lainnya bergabung untuk menyuarakan agar Ahok segera diadili.

Selain itu, di kerumunan umat muslim, tampak pula politisi dari Partai Gerinda Raden Syafei alias Romo turut ikut melakukan aksi damai dengan menumpangi mobil.

Dari Jalan Diponegoro, ratusan ribu umat muslim bergerak ke arah Jalan Zainul Arifin menuju Markas Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Mapoldasu) dengan kawalan aparat kepolisian.

Saat iring-iringan menuju Mapoldasu, masa terus berteriak agar Ahok segera diadili. Bahkan, salah seorang peserta aksi meminta Kapolri Tito Karnavian mundur dari jabatannya jika tidak bisa mengadili penista agama, Ahok.