JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat yang juga wakil rakyat di parlemen Agus Hermanto berharap agar aksi demo besok berjalan lancar dan tak terjadi kericuhan sekecil apapun.

Agus Hermanto juga menegaskan bahwa demo "Aksi Bela Islam" di Depan Istana Negara pada 4 November 2016 Besok, adalah murni penyampaian aspirasi masyarakat yang merasa proses penegakkan hukum terhadap Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang ia nilai tidak berjalan sebagaimana diharapkan.

"Karena mereka (Demonstran,red) tidak melihat proses hukum itu, sehingga saudara-saudara kita mengambil langkah atau menyampaikan unjuk rasa. Sepanjang tidak anarkis, demo adalah hal yang dilindungi konstitusi dan sah-sah saja dilaksanakan," kata Agus di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (3/11/2016).

Atas pernyataan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian yang akan memanggil Ahok pada Senin (7/11/2016) menurut Agus, merupakan langkah awal bagi penindakan hukum terhadap Ahok.

"Namun kemarin-kemarin belum pernah ada paanggilan untuk Ahok. Yang ada hanyalah Ahok ke Bareskrim untuk memberikan klarifikasi. Sehingga inilah yang disampaikan teman-teman, aspirasi itu," tandasnya.

Selain Itu, Agus Hermanto juga menghimbau ummat Islam yang akan turun ke jalan untuk berunjukrasa dengan aman dan damai.

"Harus dong, situasi aman harus diciptakan, penyampaian aspirasi tak boleh dengan kekerasan. Tak lupa, aparat keamanan juga harus tetap bersiap siaga untuk tetap mengawal unjuk rasa itu. Jangan sampai terprovokasi itu intinya," pungkas Agus. ***