PADANG LAWAS-Minggu depan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas (Palas) akan memperingati hari pahlawan 10 November 2016 yang jatuh pada hari kamis (10/11/2016). Prosesi upacara direncanakan berlangsung di halaman SKPD Terpadu Palas. Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Setdakab Palas Drs Irwan Hsb mengatakan peserta upacara dikuti seluruh Pimpinan SKPD se-kabupaten Palas beserta stafnya, pegawai vertical yang berdomisili di kabupaten Palas termasuk Kemenag Palas, dan BPS.

Kemudian pegawai perbankan, pegawai Cabang Rumah Tahanan sibuhuan, pegawai Kacabjari Sibuhua, TNI, Polri, Organisasi kepemudaan, Organisasi Kemasyarakatan, Mahasiswa dan pelajar tingkat SMA sederajat,” katanya kepada GoSumut Rabu (2/11/2016).

Dikatakan, Pemkab Palas melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) sudah mengadakan rapat koordinasi pembentukan panitia peringatan hari pahlawan, dan juga telah berkoordinasi dengan pihak terkait. Saat ini sedang disibukkan dengan pembuatan surat undangan kepada peserta upacara nantinya.

Peringatan hari pahlawan tahun ini kata irwan direncanakan lebih bermakna dari tahun kemarin. Tahun ini usai upacara Pemekab Palas memberikan santunan kepada veteran-veteran di Kabupaten Palas, selanjutnya ziarah ke makam pahlawan Mayor Daulat desa Paringgonan.

“Sudah selayaknya Pemkab Palas memperingati hari pahlawan, karena salah satu momen penting dalam sejarah kemerdekaan diantaranya perjuangan para pahlawan yang rela mempertaruhkan jiwa dan raganya untuk kemerdekaan RI,” ungkapnya.

Berkat perjuangan mereka kata Irwan hingga kini kita masih merasakan nikmat merdeka yang bebas dari penjajahan. Sebagai bentuk apresiasi kepada pahlawan yang telah gugur di medan pertempuran maka pemerintah menetapkan setiap tanggal 10 November sebagai hari Pahlawan.

“Melalui peringatan Hari Pahlawan tahun ini, diharapkan dapat menggerakkan segenap elemen bangsa khususnya masyarakat Kabupaten Palas untuk dapat berpartisipasi membangun negeri sesuai dengan kemampuan dan profesi masing-masing, menuju Kabupaten Palas Bercahaya (Beriman, Sehat, Cerdas, Sejahtera dan Berbudaya),”ungkapnya menutup.