MEDAN - Setelah melewati tahapan dan penilaian yang cukup panjang, akhirnya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi Medan berhasil meraih akreditasi versi 2012 dari Tim Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Sebagai rumah sakit pertama dan utama, tentunya penilaian ini memotivasi mereka untuk bisa lebih memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang ingin mendapatkan perobatan.

"Kami bersyukur, jajaran keluarga besar RSUD dr Pirngadi Medan sudah mendapatkan sertifikasi akreditasi rumah sakit tingkat utama yang diserahkan langsung Tim KARS (beberapa waktu yang lalu)," ujar Direktur RSUD dr Pirngadi, dr Edwin Effendi, Rabu (2/11/2016).

Menurut Edwin, penilaian akreditasi yang dilaksanakan pada 3-7 Oktober lalu, telah melalui beberapa tahapan seperti persiapan awal, pembangunan komitmen antara seluruh pegawai dan tim medis, bimbibgan teknis, workshop dan persiapan ini telah dilakukan sejak 2015.

"Yang dinilai mulai dari dokumen, sarana fasilitas dan pelayanan rumah sakit. Kita benahi semua. Sarana fasilitas, kita juga berusaha melengkapi secara bertahap dan kita sudah memenuhi standar penilaian Tim KARS dari 15 indikator," ungkapnya.

Tentunya, kata Edwin kembali, mereka bersyukur atas pencapaian akreditasi yang diraih. Apalagi, sebut mantan Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan itu, perjuangan yang sudah dilakukannya bersama seluruh jajaran rumah sakit, membuahkan hasil.

"Dulu tahun 2011, (RSUD dr Pirngadi, pernah mengajukan hal yang sama, namun) belum berhasil. Dengan adanya akreditasi ini dapat menjadi pemacu semangat kami untuk menunjukkan kesiapan dan kemampuan dalam memberikan pelayanan standar," ungkapnya.

Akreditasi ini, jelas Edwin lagi, bukan tujuan utama mereka, melainkan pemicu semangat kerja untuk lebih baik lagi di masa yang akan datang.

"Ini harus terjaga dan akan kita kembangkan. Makanya, Januari 2017, kita upayakan untuk paripurna," imbuhnya.

Upaya pencapaian akreditasi paripurna ini, kata Edwin, akan segera ditindaklanjuti berdasarkan hasil rekomendasi Tim KARS beberapa waktu lalu.

"Rekomendasinya, antara lain, komunikasi informasi kepada pasien, jadi nanti kita bangun sistem informasi," tandasnya.

Secara terpisah, Ketua Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSSI) Sumut, dr Azwan Hakmi Lubis mengapresiasi pencapaian akreditasi paripurna yang diraih rumah sakit milik Pemko Medan.

"Ya, ini baru satu-satunya rumah sakit umum daerah yang terakreditasi. Kita harap ini bisa memotivasi rumah sakit daerah lainnya untuk mencapai akreditasi, bisa juga berkoordinasi ataupun berkonsultasi dengan rumah sakit pirngadi," ujar Azwan.