PADANG LAWAS-Kepulangan anggota pramuka Kabupaten Padang Lawas (Palas) dari perkememahan tingkat nasional (Pertinas) Saka Bakti Husda (SBH) ke V disambut Kadis Kesehatan Kabupaten Palas Leli Ramayulis SKM bersama Kabid Yankes drg Oktavian di kantornya Jalan KH Dewantara Sibuhuan, Selasa (25/10/2016).

Kadis Kesehatan Kabupaten Palas Leli Ramayulis SKM bersama Kabid Yankes drg Oktavian dalam peyambutannya itu menyampaikan selamat datang kembali diKabupaten Palas dalam keadaan sehat wal afiat.

“Meskpiun dalam kondisi yang cukup melelahkan karena disebabkan kuran istrirahah dan tidur, akan tetapi dengan kembalinya anggota Pramuka Palas tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi keluarga, masyarakat dan Pemkab Palas,”kata mereka.

Kita patut bersykur kata Leli dan Oktavian kwarcab Palas menjadi satu-satunya utusan dari Kwarda gerakan Pramuka Sumatera utara untuk mengikuti Pertinas SBH tahun 2016 di Blitar. Tentunya hal itu dari berkat informasi dan dorongan dari pengurus Kwarcab Palas begitu juga dengan jalinan kerjasama dengan Dinas Kesehatan Palas.

“Kedepan kita akan tetap meningkatkan kerjasama yang lebih baik dengan Kwarcab Palas, sehingga momen Pertinas SBH setiap tahunnya akan kita ikuti. Sebagai tindak lanjut akan kita programkan perkemahan SBH di Kabupaten Palas,”ungkap Leli selaku Ketua Umum SBH Palas.

Kepada peserta Pramuka, Leli berharap agar pengalaman dan ilmu yang didapatkan sewaktu Pertinas SBH bisa diaplikasikan dilingkungan keluarga, masyarakat dan khususnya di Kabupaten Palas, agar tercipta pola pikir masyarakat sadar akan perlunya kesehatan.

Pimpinan Kontingen Kwarcab Palas dr Ummi Sahara Matondang dalam laporannya menyampaikan keberangkatan anggota pramuka Palas sebanyak dua puluh lima orang, dan kembali juga ke Palas dalam jumlah yang sama.

“Para anggota pramuka itu membawa ilmu yang didapatkan sewaktu acara Pertinas SBH, dan akan memberikan inovasi terbaru untuk diterapkan dilingkungan masing-masing khususnya peningkatan kesehatan,”terang wanita yang juga Ketua harian SBH Palas itu.

Diterangkan, setiap rangkaian kegiatan yang berlangsung di Pertinas SBH, peserta pramuka tidak pernah absen untuk mengikutinya. Seluruh gaya dan prilaku yang dirasakan disana diyakini akan menjadi motivasi bagi adik-adik peserta pramuka untuk menjadi disiplin, memiliki etika, bermoral dan beradab.

Nurul Ihsan dan Nurul Arafah perwakilan peserta pramka menyampaikan kesan bahwa dengan mengikuti Pertinas SBH mereka mendapatkan pengalaman baru dari seluruh anggota pramuka yang berbeda dengan propinsi lain.

“Selain dari pengalaman pertama naik pesawat, kami jugamendapatkan ilmu dan pelajaran yang sangat berguna dan akan kami terapkan dilingkungan keluarga dan masyarakat kami nantinya,”ungkap mereka.

Untuk itu mereka berpesan supaya kegiatan yang sama juga antara Dinas Kesehatan melalui Pertinas SBH dengan gerakan Parmuka untuk tahun-tahun depan bisa ditingkatkan lagi.