PADANG LAWAS - Bupati Padang Lawas (Palas) Ali Sutan harahap mengupayakan pendirian Perguruan Tinggi (PT) Diploma perikanan, peternakan, dan pertanian di Kabupaten Palas. Rencana pendiriannya sudah ada payung hukumnya, dalam hal ini bermodalkan MoU dengan Instutut Pertanian Bogor (IPB). “Untuk itu, kita berharap dari Diktis tidak keberatan dan memberikan izin pendiriannya di Kabupaten Palas mengingat program politekhnik perikanan, peternakan, pertanian, dan perkebunan sama halnya dengan program D3 yang ada di IPB,”ungkapnya kepada GoSumut, Rabu (26/10/2016).

Dijelaskan, motivasi Pemkab Palas pendirian PT Diploma itu sesuai dengan keluh resah dari seluruh SKPD, Camat dan masyarakat, yang mana SDM di Kabupaten Palas masih kurang. Padahal kita lihat swaktu Tabagsel dulu masih ada Sekolah Pertanian Menengah Atas (SPMA).

“Dari lulusan SPMA sudah banyak menghasilkan tenaga penyuluh, bahkan sekarang pegawai kita ada yang lulusan SPMA. Kita merencanakan menghidupkan kembali nuansa sekolah tersebut dengan PT program D2, dan D3 khusus perikanan, peternakan, dan pertanian, dan perkebunan” jelas pria yang akrab disapa TSO itu.

Pendirian PT itu kata TSO pada dasarnya bukan mencari istilah Top diSumatera, melainkan diperuntukkan bagi putra-putri diKabupaten Palas untuk menjadi tenaga yang berkualitas diraung lingkup kerjanya.

“Oleh karena itu, harapan kita semua kalau tidak menyalahi peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, alangkah baiknya dana desa setiap tahunnya kita anggarkan untuk beasiswa yang berprestasi,” terang TSO.

Dengan pemberian beasiswa lanjut TSO, mahasiswa tersebut bisa kita ikat kontrak perjanjian, dengan catatan setelah lulus kuliah bisa mandiri dan mengabdi paling tidak didesanya masing-masing.

Selain itu kata TSO, pihak perusahaan misalnya membutuhkan D3 perkebunan. Nah, dari PT itu kita sudah bisa menawarkan mahasiswa lulusannya menjadi karyawan, dengan catatan pihak perusahaan siap membantu beasiswa dan peningkatan fasilitas perkuliahan.

“Mahasiswa dari PT kita itulah yang akan diangkat menjadi karwayan diperusahaan itu, dan hal itu masih bisa kita jalin kerjasama dengan pihak perusahaan, mengingat perusahaan cukup antusias mengharapkan karyawan yang potensial,” jelasnya.

Diterangkan, setelah izin operasionalnya sudah keluar melalui upaya jalinan MoU dengan pihak IPB, maka untuk sementara sebelum ada gedung resminya, kita sewa dulu gedungnya sebagai tempat berlangsungnya proses perkuliahan.

“Harapan berdirinya PT Diploma perikanan, peternakan, dan pertanian di Kabupaten Palas sebenarnya sudah diambang pintu, kita hanya tinggal menunggu kapan waktu keluar izin operasional perkuliahannya saja,” tambah TSO.

Sebelumnya, Kepala Divisi Pengelola teknis dan Kemitraan IPB Yudi Wahyudin M Si menyatakan siap mendukung rencana Bupati Palas untuk mendirikan PT Diploma perikanan, peternakan, pertanian dan perkebunan di Kabupaten Palas.

“Saya mengapresiasi program dari Bupati Palas itu, karena beliau melihat kekurangan SDM di kabupaten Palas, makanya direncanakan pendiran PT secepatnya bisa difungsikan,”jelasnya menutup.