PADANG LAWAS - Program studi (Prodi) Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA) Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya (STAIBR) menyelanggarakan perlombaan tingkat Paud, TK, dan RA di Lapangan Merdeka Sibuhuan, Sabtu (22/10/2016). Ketua Prodi PGRA STAIBR Dr. Irma Suryani Siregar MA bersama ketua panitia perlombaan Hj. Emrinawati Hasibuan, SH., M. Pd mengatakan, perlombaan ini dilaksanakan untuk menyemarakkan tahun baru Islam 1438 H. "Sekaligus untuk meningkatkan mutu pendidikan kualitas guru Paud, TK dan RA demi terwujudnya generasi yang Islami di Kabupaten Palas,” jelasnya.

Untuk jenis perlombaan, kata dia, antara lain lomba mewarnai, tahfidz, doa harian, dan lomba kreativitas guru.

“Peserta yang mengikuti perlombaan berjumlah 500 orang peserta didik dari Paud, TK dan RA se-Kabupaten Padang Lawas (Palas). Kegiatan terlaksana tidak lepas dari kerjasama dengan Pemkab Palas dalam hal ini Dinas Pendidikan, dan LP Al Ma’arif NU Kabupaten Palas," ujarnya.

Dewan juri dalam perlombaan itu, kata dia, berasal dari Dinas Pendidikan Kabupaten Palas, LP Al Ma’arif NU, dan dari STAIBR. Setiap peserta yang berhasil menjadi juara akan mendapatkan tropi, piagam penghargaan dan uang pembinaan dari panitia.

Ketua STAIBR Syafaruddin Hasibuan menjelaskan perlombaan merupakan agenda rutinitas setiap tahunnya dari Prodi PGRA yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, dan ormas NU yang ada di kabupaten Palas.

“Melalui perlombaan ini, kita mau melihat sejauh mana kreatifitas seorang guru Paud, TK dan RA dalam membina dan membimbing para peserta didiknya. Bahkan, peserta didik akan termotivasi untuk lebih bergiat lagi belajar,” terangnya.

Untuk prodi PGRA, kata Syafaruddin, baru ada di STAIBR sejak 1,5 tahun yang lalu dan izinnya sudah keluar pada tahun 2015 yang lalu. PGRA itu satu-satunya Prodi yang baru ada di daerah Tapanuli Bagian Selatan,” sebutnya.

Berkaitan dengan hal itu Syafaruddin berharap, dengan keberadaan prodi PGRA bisa meningkatkan kompetensi guru, sehingga selain melahirkan anak yang cerdas secara kognitif, tetapi juga menciptkan anak yang sholeh, kratif dan mandiri sebagaimana visi bisi Bupati Palas yang Bercahaya.

Secara terpisah Bupati Palas H Ali Sutan Harahap menyatakan Pemerintah kabupaten (Pemkab) Palas sangat mendukung atas terselenggaranya perlombaan tingkat Paud, TK, dan RA yang disponsori STAIBR Sibuhuan.

“Dengan terselenggaranya perlombaan ini, kita menilai pihak STAIBR sudah ikut berpartisipasi untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Palas. Hal demikian sudah menjadi nawacita kita yang tertuang dalam visi misi Kabupaten Palas yang Bercahaya (beriman, sehat, cerdas, sejahtera dan berbudaya),” ungkapnya.

Atas nama pribadi dan Pemkab Palas, Bupati mengucapkan terimakasih kepada pihak panitia STAIBR Sibuhuan. Mudah-mudahan kegiatan yang serupa juga bisa ditingkatkan di tahun-tahun yang akan datang.

Lebih dari itu Bupati Palas juga mengajak dewan guru yang mengajar ditingkat Paud, TK dan RA dan belum menyandang S-1 PGTK/PGRA, supaya mendaftar dan mengiktui perkuliahan di STAIBR Sibuhuan Prodi PGRA.

“Ke depan, pemerintah akan menambah kesejahteraan guru ditingkat Paud, TK dan RA melalui program sertifikasi. Tentu bagi guru yang belum S-1 PGTK dan PGRA tidak bisa ikut program sertifikasi,” tutup pria yang akrab disapa TSO itu.