MEDAN - Guru berperan penting dalam perkembangan siswa di sekolah. Untuk membantu siswa dalam menggali pengetahuan, terkadang dibutuhkan sikap dan perilaku yang tepat bagi seorang guru, salah satunya guru harus bisa menjadi teman bagi siswa-siswinya. Demikian disampaikan seorang Guru bidang studi Matematika SMA Darmawangsa Medan Siti Hazar. Dikatakannya guru harus bisa menjadi teman bagi siswanya. Sehingga siswa akan merasakan kedekatan emosional pada gurunya.

“Kemudian guru harus mampu bersikap sabar terhadap tingkah laku siswa-siswinya. Guru tidak hanya mengajarkan materi saja, melainkan berupaya untuk memahamkan materi kepada seluruh siswanya,” tambah Siti, Jumat (21/10/16)

Guru yang baik adalah guru yang menjadi contoh dalam kehidupan sehari-hari bagi siswa-siswinya. Tak hanya di sekolah, melainkan teladan guru tercermin dalam kehidupan anak di lingkungan keluarga dan lingkungan bermainnya.

Senada dengan yang disampaikan guru SD Islam Darul Mustafa Jalan Pelajar Timur Medan, Ika Fauziah, saat dihubungi GoSumut. Ia mengatakan guru teladan tidak hanya mengajar materi pelajaran saja, melainkan mendidik dan melatih siswa untuk perkembangan bakat dirinya.  Guru teladan memberikan nasihat yang baik tanpa pilih-pilih.

“Guru juga harus mampu menjadi cerminan positif bagi siswa-siswinya. Sebaiknya, apa yang dilakukan guru di depan kelas menjadi teladan yang dapat dicontoh oleh siswanya. Tentu teladan yang bernilai positif,” tutup Ika yang merupakan alumni Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah salah satu Perguruan Tinggi Islam Negeri di Sumut.